top of page

Final Indonesia Traditional Dancer Stage Make Up Competition: Keluar Dari Zona Nyaman



MUA Community adalah wadah terbesar Make Up Artist (MUA) di Indonesia. Terbentuk sejak 2019 MUA Community aktif mengadakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kompetensi dan komunikasi yang erat untuk komunitas para MUA di Indonesia. Kali ini MUA Community bekerjasama dengan Cosmobeaute Indonesia menyelenggarakan Indonesia Traditional Dancer Stage Make Up Competition, tahapan final dilaksanakan pada hari Kamis, 3 November 2022, di JCC Jakarta


Dalam sambutannya ketika membuka acara, Lilik Setyorini selaku Founder MUA Community menyampaikan bahwa Indonesia Traditional Dancer Stage Makeup Competition merupakan sebuah terobosan untuk mengajak makeup artist membuka wawasan mengenai berbagai genre makeup. Kompetisi ini juga mengajak para MUA untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba tantangan baru. Lilik juga menyampaikan harapannya agar bisa terus bersinergi dengan berbagai pihak dalam berkontribusi untuk dunia kecantikan Indonesia.


Seputar Event hadir dan menyaksikan langsung keseruan Indonesia Traditional Dancer Stage Make Up Competition. 30 finalis unjuk 'skill' merias wajah penari di panggung Cosmobeauté Indonesia - JCC, Jakarta. Para MUA dari berbagai daerah ini adalah hasil seleksi peserta sejak pendaftaran kompetisi dibuka pada September 2022.


Tim juri terdiri Aa Sudarsono, Arman Armano , Lijing, Olis Herawati, Ari Tulang, Indah Widyastuty dan Yenny Kristyana. Dengan pengalaman dan jam terbang yang tinggi di dunia tata rias, mereka menilai langsung proses make up hingga penampilan masing-masing penari lengkap dengan kostum dan aksesorisnya.




Mewakili tim juri, Aa Sudarsono yang juga menjabat sebagai Ketua 1 DPP Perkumpulan MUA Kompeten Indonesia (MUA Community) mengatakan bahwa ada beberapa aspek penting yang harus dipertimbangkan ketika merias untuk penampilan di panggung, khususnya penari. Aspek-aspek tersebut antara lain:

  1. Jarak pandang dari penonton ke penari.

  2. Efek lighting pada wajah dan kostum

  3. Foundation

  4. Warna dan rias dekoratif yang menyolok dan tidak menggunakan warna ungu dan warna pastel.

  5. Tidak menggunakan warna hitam untuk eyeshadow.


Terpilih sebagai pemenang antara lain:


Juara 1 : Ratna Juwita Taslim dengan tema Tari Piring Minangkabau, asal Kota Padang

Juara 2 : Vera Sukarya dengan tema Tari Legong Jobog, asal Jakarta Selatan

Juara 3 : Septika Trihandayani dengan tema Tari Baris Tunggal, asal Lampung


Juara Harapan 1 : Nenden Parvisha dengan tema Tari Merak, asal Tasikmalaya

Juara Harapan 2 : Dewi Puspitasari dengan tema Tari Badaya, asal Tasikmalaya

Juara Harapan 3 : Kusdjuandono dengan tema Tari Jaranan, asal Surabaya


Juara Favorit : Windy Agustin dengan tema Tari Bali, asal Jakarta Selatan


Acara yang dipandu oleh Oscar Daniel dan Aldho Ferdian ini semakin sarat edukasi dengan Talk Show yang menampilkan Nutchaa Panyasheewin, Make Up Artist profesional asal Thailand sekaligus pemilik brand RAN Cosmetic Indonesia dan Natcha Beauty.

281 views0 comments

Comments


bottom of page