top of page

Uniknya Nakama Festival, Gelaran Budaya Jepang Bertema Kota


Artikel & foto: Reiri R Tusin

Dalam beberapa tahun terakhir ini, festival bertemakan kebudayaan Jepang cukup sering diadakan dan disambut antusiasme yang cukup tinggi oleh masyarakat. Salah satunya, pada tanggal 2-3 September 2017 untuk pertama kalinya diadakan sebuah festival kebudayaan Jepang dengan tajuk Nakama Festival.

Berbeda dari festival bertema kebudayaan Jepang lainnya, Nakama Festival diadakan di Ecopark Ancol- Jakarta dengan mengusung tema “Machi” yang berarti “Kota”. Nakama Festival menyuguhkan konsep suasana kota yang terdiri dari kegiatan komunitas, entertainment, edukasi dan kuliner. Diadakan di area yang luas, festival pun terbagi mejadi dua area: indoor dan outdoor.

Salah satu yang unik dari festival ini adalah pengunjung dapat beristirahat di tenda camping yang sudah disediakan. Juga ada juga berbagai wahana permainan, seperti “Bungee Running”, “Bungee Trampolin”, “Rodeo” dan “Double Slide”. Berbagai komunitas juga hadir meramaikan festival ini. Khusus untuk keluarga yang membawa anak-anaknya, tersedia Kids corner dengan sarana bermain dan belajar membuat origami, art & craft Jepang.

Kompetisi cosplay tentu menjadi ciri khas setiap pergelaran budaya Jepang, kali ini diadakan kompetisi yang diikuti oleh banyak peserta.

Pengunjung juga bisa mencicipi berbagai kuliner khas Jepang sambil menikmati pertunjukan musik. Guest star yang cukup ternama ikut diundang meramaikan acara ini seperti Do as Infinity, JKT48, Enka Girls, Shojo Complex dan Hiroaki Kato.

Ada satu wahana yang menarik banyak peserta, yaitu Rumah Hantu/ Obake dengan tema Aokigahara. Salah satu guest star di festival ini, Enka Girls, juga ikut masuk ke Rumah Hantu ini bersama beberapa pengunjung yang beruntung.

Begitulah keunikan dari Nakama Festival 2017, See you next year!

205 views0 comments
bottom of page