Menyantap 1000 Rasa Kuliner Warisan Nusantara

21 Oct 2016

Tangerang, 21 Oktober 2016 – Pekan Raya Indonesia (PRI) menyuguhkan beragam kuliner warisan nusantara yang tersebar dari berbagai daerah di Indonesia. Gerai kuliner warisan nusantara ini berlangsung mulai tanggal 20 Oktober – 6 November 2016 di Hall 10, Indonesia Convention Center (ICE) BSD City, Tangerang.

Menyantap kuliner warisan nusantara tidak hanya membuat pengunjung bernostalgia ke masa lalu, tapi juga memperkenalkan masakan warisan nusantara ke masyarakat yang lebih luas dan lintas generasi. PRI menghadirkan ragam warisan kuliner Indonesia yang legendaris seperti Toko Oen Semarang (1936), Soto Ahri Garut (1943), Es Kopi Tak Kie (1927), Kupat Tahu Gempol (1965), Nasi Jamblang Mang Dul Cirebon (1970), Nasi Pindang Semarang (1989), Gudeg Yogya Laminten (1980), dan masih banyak lagi sajian kuliner lainnya yang dapat memanjakan lidah pencinta kuliner tanah air.

Sunda Unik yang menjajakan jajanan tradisional turut serta memeriahkan Pekan Raya Indonesia. Berangkat dari kekhawatiran akan punahnya jajanan tradisional, Kang Dede L Wiratmadinata mendirikan Sunda Unik dengan semangat mengangkat kembali jajanan tradisional agar tetap lestari. Aneka ‘Jajanan Jaman Baheula’ seperti permen gulali bentuk, cokelat payung, kwaci cap Gadjah, telur cicak, tengteng dan masih banyak lagi tersedia di sini. “Awalnya saya menjual jajanan tradisional Sunda (Jawa Barat), ternyata di luar Jawa Barat juga ada jajanan-jajanan sejenis hanya berbeda namanya saja. Jadi, pada akhirnya yang saya sajikan melalui Sunda Unik adalah warna-warni nusantara,” ujar Kang Dede.

Sama halnya dengan Deni Saefullah, melalui Kue Balok Ma’Oyoh, ia ingin generasi baru semakin banyak yang tahu dan menyukai kue khas Bandung tersebut. Kue Balok Ma’Oyoh sudah ada sejak 1945, Deni membangkitkannya kembali pada tahun 2012. “Saya seperti bernostalgia dengan masa kecil saya. Dulu, saya sering diajak orangtua saya ke pasar untuk beli kue balok. Karena saya kesulitan mencarinya, saya mencoba membuatnya sendiri. Terlibat di Pekan Raya Indonesia ini merupakan pertama kalinya Kue Balok Ma’Oyoh ikut pameran kuliner di luar Bandung,” ujar Deni.

Untuk anda yang suka dengan aneka kuliner Betawi seperti dodol, geplak dan wajik Betawi serta bir pletok, bisa menyambangi gerai Rumah Dodol Betawi Bang Rizal yang telah ada sejak 1970. Terdapat juga martabak kubang (martabak yang berisi daging rendang), roti cane, teh telor dan masakan khas Padang lainnya di Martabak Kubang Hayuda yang berdiri sejak 1971.

 

 

Please reload

ARTIKEL TERKAIT
Please reload

PARTNERS

TENTANG SEPUTAREVENT.COM

 

SeputarEvent adalah media publikasi online yang dikelola oleh PT. Gama Linggatama mengenai semua hal yang berkaitan dengan event : informasi, tips, review, interview tokoh, komunitas, lowongan kerja dan berita-berita event lainnya.

 

Pemimpin Perusahaan: R. Haryoko | Penanggung Jawab: Lilik Setyorini | Redaktur Pelaksana: Yudika Nababan | Media Sosial:  Muh. Heri Suyono, Eunike Dorothea | Keuangan: Siti Masamah | Alamat: The Archade Permata Hijau, Jl Raya Pos Pengumben No 1 B, Jakarta, Indonesia | Kontak: email: redaksi@seputarevent.com WA: 0816757352 | © 2014-2019

  • White Twitter Icon
  • White Instagram Icon
  • White Facebook Icon
  • White YouTube Icon