National Dance Workshop and Competition (NaDWorC)

20 Aug 2016

NaDWorC  adalah  sebuah  ajang   pelatihan  dan lomba ballet & tari modern bertaraf nasional yang diselenggarakan  oleh Ikatan Pengajar dan Pelatih Ballet (IPPB). Lomba yang didukung oleh Ballet.id (Yayasan Bina Ballet Indonesia) ini berbeda dengan lomba­lomba ballet lain yang diadakan, terutama untuk kategori ballet solo usia 14 tahun keatas.

Berbeda  dengan  lomba  ballet sejenis dimana tarian yang diambil biasanya merupakan interpretasi terhadap  variation  ballet  klasik,  tarian  yang  harus  ditarikan  oleh  peserta  NaDWorC  ini  adalah koreografi yang dibuat khusus oleh team IPPB dan telah disebarluaskan melalui website IPPB dalam bentuk video.

Para peserta juga diwajibkan untuk mengikuti workshop khusus selama 2 hari yang akan dibawakan proses pelatihan yang akan diberikan oleh para Juri Ballet dan Jazz Dance / tari modern, yaitu  Mr. Jeffrey  Tan  dari  Singapore,  Mr.  Patrick  John  Rebullida  dari  Philippines  dan  Ms  Ulian  Chun  dari Hongkong.  Workshop  ini memberi  kesempatan  bagi para peserta untuk mendapat bimbingan dan masukan  teknik  dan  musikalitas  dari  para juri bertaraf  internasional  tersebut,  suatu  kesempatan langka yang sangat sulit diperoleh di sekolah ballet masing­masing.

Selain  mempertajam  teknik,  dalam  workshop  ini akan diberikan  juga pelatihan  / coaching  tarian lomba  yang akan dibawakan peserta workshop pada lomba NaDWorC. Para juri akan mengadakan penilaian  kepada  para peserta  selama  workshop  berlangsung,  dan nilai tersebut  termasuk  dalam penilaian akhir, praktek yang sama dengan lomba­lomba ballet terkenal dunia lainnya seperti Prix de Lausanne.

Diharapkan, dengan diadakannya lomba NaDWorC ini maka ballet dan seni tari modern di Indonesia akan semakin berkembang, dan para penari muda Indonesia memperoleh kesempatan untuk berkompetisi dengan format yang baik.

Diikuti  oleh kurang  lebih 750 peserta  dari DKI Jakarta  dan beberapa  kota besar lainnya, kegiatan
NaDWorC terbagi dalam dua sesi:

  1. Workshop : terdiri dari workshop untuk para peserta lomba seperti disebut diatas, tapi juga workshop untuk guru maupun masyarakat umum

  2. Kompetisi / Lomba, yang terdiri dari:

    • Solo Ballet
      Kategori 1 : usia 7­-10 tahun
      Kategori 2 : usia 11-­13 tahun
      Kategori 3 : usia 14-­16 tahun
      Kategori 4 : usia 17 tahun ke atas

    • B. Solo Kontemporer : usia 15 tahun ke atas

    • Group Ballet
      Kategori A : usia 7­-10 tahun
      Kategori B : usia 11-­16 tahun
      Kategori C : usia 17 tahun keatas

    • Group Tari Modern / non ballet, usia 15 tahun keatas

Selain piala, medali dan sertifikat, para pemenang lomba akan mendapatkan hadiah uang tunai dan beasiswa untuk pelatihan ballet sesuai tingkatannya

 

AGENDA
Rangkaian kegiatan NaDWorC akan diselenggarakan pada :

  1. Workshop / Pelatihan
    Hari/ Tanggal    : Kamis dan Jumat, 18 dan 19 Agustus 2016
    Pukul  : 09.30 - 13.00 (untuk Guru Ballet dan umum), 15.30 - 20.00 (untuk peserta lomba kategori 3 dan 4)
    Tempat  : Studio latihan Teater Jakarta , Taman Ismail Marzuki Jakarta
     

  2. Lomba / Kompetisi

    • Semi Final

      Hari/ Tanggal :  Sabtu, 20 Agustus 2016
      Pukul : 09.00 - 12.00 Semi Final Solo Ballet Kategori 3 dan 4, Solo Kontemporer
      14.00 - 18.00 Semi Final Solo Ballet Kategori 1 dan 2
      Tempat : Teater Kecil Taman Ismail Marzuki Jakarta
       

    • Final

      Hari/ Tanggal :  Minggu, 21 Agustus 2016
      Pukul :  09.00 - 12.00 Solo Ballet Kategori 1,2,3,4 dan Solo Kontemporer
      14.00 - 18.00 Lomba Group Ballet Kategori A,B,C dan Tari Modern, Pengumuman pemenang seluruh kategori lomba
      Tempat : Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki Jakarta

Tiket untuk menonton lomba (Semi Final dan Final) dapat dibeli di Kiostix.com

 

TENTANG IKATAN PELATIH DAN PENGAJAR BALLET (IPPB)
IPPB berdiri tahun 1980, di bawah naungan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, dengan tujuan untuk   mencanangkan kepada sekolah ballet di Indonesia untuk menciptakan tari ballet yang berciri khas Indonesia, sekaligus mengembangkan  tari ballet agar dapat diterima oleh masyarakat Indonesia. Sebagai asosiasi pelatih dan sekolah ballet di Indonesia,  saat ini IPPB sudah memiliki puluhan anggota. Sejak berdiri, IPPB aktif mengadakan berbagai inisiatif lintas sekolah ballet, antara lain pekan ballet, lomba dan pagelaran tahunan.

MEDIA CONTACT: Tabita, Ballet.id, info@ballet.id, +62­81­314­222­559

Please reload

ARTIKEL TERKAIT
Please reload

PARTNERS

TENTANG SEPUTAREVENT.COM

 

SeputarEvent adalah media publikasi online yang dikelola oleh PT. Gama Linggatama mengenai semua hal yang berkaitan dengan event : informasi, tips, review, interview tokoh, komunitas, lowongan kerja dan berita-berita event lainnya.

 

Pemimpin Perusahaan: R. Haryoko | Penanggung Jawab: Lilik Setyorini | Redaktur Pelaksana: Yudika Nababan | Media Sosial:  Muh. Heri Suyono, Eunike Dorothea | Keuangan: Siti Masamah | Alamat: The Archade Permata Hijau, Jl Raya Pos Pengumben No 1 B, Jakarta, Indonesia | Kontak: email: redaksi@seputarevent.com WA: 0816757352 | © 2014-2019

  • White Twitter Icon
  • White Instagram Icon
  • White Facebook Icon
  • White YouTube Icon