Ennichisai 2016 Sebentar Lagi! Yuk, Kenali Jepang!


Ennichisai 2016, gelaran festival budaya Jepang yang dari tahun ke tahun ramai dikunjungi masyarakat Indonesia akan kembali ke depan mata kita pada tanggal 14--15 Mei. Acara yang memperkenalkan budaya pop dan tradisional ini akan diadakan lagi di pelataran Blok M (Square). Biasanya,acara ini dipadati dengan banyak sekali masyarakat yang sudah familiar dengan budaya Jepang maupun yang belum. Terdapat stan stan makanan dan pertunjukan menarik yang siap sedia dihadirkan ke depan pengunjung. Acara ini recommended sekali untuk kalian para pegiat seni dan budaya. Ennichisai memang tidak dikhususkan hanya untuk penggemar budaya Jepang. Jika kalian mampir, kalian akan melihat seperti apa keseruan Ennichisai tersebut. Nah, untuk kalian-kalian yang belum terlalu familiar dengan kata “Jepang”, yuk, kita lihat beberapa fakta berikut.

Asal Nama “Jepang” Jepang, di negaranya sendiri, disebut dengan Nippon (atau terkadang Nihon) yang berarti “Land of the Rising Sun”. Tentu saja, nama tersebut diberikan karena lokasi Jepang yang berada di Timur negara Tiongkok; arah dari mana matahari akan muncul setiap harinya. Hal tersebut juga akhirnya memengaruhi representasi bendera Jepang. Bulatan merah yang berada di tengah-tengah bendera Jepang, bermakna matahari. Nama Jepang dalam bahasa Inggris, “Japan” kemungkinan besar berasal dari bahasa Melayu, “Jepang” (yang juga kita gunakan sekarang ini). Kata tersebut dibawa ke daerah Eropa oleh para penjelajah Portugis yang berdagang ke seluruh Asia.

Sumber: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.DreamWallpapers.JapanFlags01

Jepang Ada di Mana, Sih? Selama ini, banyak juga, lho, yang salah mengira Jepang ada di mana. Jepang tentunya ada di Asia, di pertengahan antara Samudera Pasifik bagian Utara dan Laut Jepang. Jepang ini tidak memiliki perbatasan daratan dengan negara lain. Akan tetapi, posisinya memang dekat sekali dengan Korea Utara, Korea Selatan, Cina, dan Rusia. The Archipelago of Japan Terkadang, orang-orang juga tidak tahu bahwa Jepang adalah negara kepulauan (archipelago). Negara ini--jangan kaget--memiliki 6.852 pulau. Wah, tidak hanya Indonesia saja, ya, yang kepulauannya ada banyak. Walaupun demikian, hanya sekitar 430 pulau saja yang ditinggali oleh manusia. Pulau-pulau utamanya adalah Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu. Tokyo, sang Ibu Kota Seperti yang kita semua ketahui, Tokyo adalah Ibu Kota negara Jepang. Kota tersebut berlokasi di daerah Kanto. Tokyo adalah kota metropolitan, dan telah dinobatkan juga sebagai kota metropolitan yang paling ramai di dunia. Secara tidak sadar, kota ini memengaruhi perputaran ekonomi dunia. Nah, kamu dapat merasakan Little Tokyo nanti di Ennichisai 2016. Jadi, jangan sampai ketinggalan dan mari dicatat tanggalnya.

Keadaan Ekonomi di Jepang Jepang memiliki GDP sebesar 5,8 triliun Dolar Amerika. Hal tersebut menjadikan mereka sebagai negara ketiga yang memiliki ekonomi terbesar di dunia. Tentu juga, hal tersebut patut diapresiasi karena mereka dapat bangkit setelah ekonomi mereka merangkak pasca Perang Dunia II. Tentu kita semua tahu, Jepang memiliki spesialisasi dalam pembuatan mobil dan elektronik. Jepang adalah pemimpin dunia teknologi. Nanti, di Ennichisai 2016, kita juga dapat menyaksikan betapa canggihnya teknologi Jepang, lho. Akan tetapi, Jepang tidak hanya kuat dalam hal teknologi. Mereka juga menjadi pengimpor ikan dunia. Mereka menangkap 15% ikan yang ada di dunia dan menjualnya ke negara sendiri maupun negara lain. Tidak heran, mengapa sushi dan sashimi menjadi santapan spesial bagi Jepang. Jika kalian ingin menyicipi makanan Jepang, akan ada banyak sekali stan stan makanan di Ennichisai 2016.

Sumber: https://wall.alphacoders.com/big.php?i=31288

Budaya dan Spiritualisme Agama Shinto dan Buddhisme Jepang adalah dua kepercayaan yang paling banyak dipegang oleh masyarakat Jepang. Walaupun demikian, tidak banyak orang Jepang yang melakukan praktik kepercayaan. Shinto sudah berada sangat lama di Jepang; dipercaya sudah ada sejak zaman pra-sejarah. Kedua agama yang telah disebutkan di atas biasanya dipraktikkan bersamaan sebagai sebuah agama yang kompleks. Kedua kepercayaan tersebut, sama seperti di negara-negara lain, memengaruhi budaya mereka. Banyak karya seni hasil dari kepercayaan, seperti tarian maupun lukisan. Banyak sekali tarian tradisional yang digunakan untuk perayaan. Dalam Ennichisai 2016 nanti, akan ada panggung spesial tradisional yang memperkenalkan kebudayaan Jepang tersebut.

Sumber: http://7-themes.com/6917574-torii-gate-shrine-japan.html

#anekapromo #promosenibudaya #promopertunjukkanhiburan #promokuliner #promomusik #promokomunitas #liputansenibudaya

ARTIKEL TERKAIT

PARTNERS

TENTANG SEPUTAREVENT.COM

 

SeputarEvent adalah media publikasi online yang dikelola oleh PT. Gama Linggatama mengenai semua hal yang berkaitan dengan event : informasi, tips, review, interview tokoh, komunitas, lowongan kerja dan berita-berita event lainnya.

 

Pemimpin Perusahaan: R. Haryoko | Penanggung Jawab: Lilik Setyorini | Redaktur Pelaksana: Yudika Nababan | Media Sosial:  Muh. Heri Suyono, Eunike Dorothea | Keuangan: Siti Masamah | Alamat: The Archade Permata Hijau, Jl Raya Pos Pengumben No 1 B, Jakarta, Indonesia | Kontak: email: redaksi@seputarevent.com WA: 0882-8972-6272 | © 2014-2020

  • White Twitter Icon
  • White Instagram Icon
  • White Facebook Icon
  • White YouTube Icon