INDOFEST 2016, Festival “Outdoor” Terbesar di Indonesia Kembali Digelar


JAKARTA, 30 MARET 2016: Indonesia Outdoor Festival atau INDOFEST kembali digelar tahun ini, tepatnya pada 6-10 April 2016 di Istora Senayan Jakarta. Digelar oleh COS Event, festival akbar kegiatan “luar ruang” ini akan diikuti 10 komunitas pegiat alam bebas dan didukung oleh Kementerian Pariwisata serta Pemprov DKI Jakarta. INDOFEST 2016 kembali merangkul para pegiat kegiatan outdoor seperti klub atau kelompok pecinta alam, backpacker, pendaki gunung, pengarung sungai, penelusur goa, pemburu/penembak, pemancing, penyelam, penerjun/paralayang, penyelamat lingkungan, peneliti alam, pesepeda, crosser, offroader, hingga fotografer alam bebas sebagai pasar utamanya. Selain itu, festival akbar ini juga mengajak masyarakat umum yang belum mengenal kegiatan outdoor ataupun yang ingin lebih dalam mengenal kegiatan alam bebas di Indonesia. Disyon Toba, Ketua Penyelenggara dari COS Event mengatakan bahwa kebutuhan akan gaya hidup lebih sehat, variasi liburan, serta pengembangan hobi dan wawasan akan kegiatan luar ruang turut menyumbang peluang besar bisnis kegiatan luar ruang di Tanah Air. INDOFEST berusaha mengisi potensi besar itu bagi penyedia jasa dan produsen peralatan serta perlengkapan outdoor activity untuk berekspansi dan semakin mendekatkan diri dengan pasarnya. ”Masyarakat Ekonomi ASEAN yang bergulir sejak 31 Desember 2015 lalu tidak menyurutkan gerak pengusaha produk dan kegiatan outdoor untuk menggelar perhelatan outdoor ini. Tentu, ada persaingan dengan brand-brand international dan di situlah menariknya. Untuk itu, kami berharap sekali dukungan masyarakat Indonesia untuk mendukung produk-produk Indonesia agar bisa bersaing,” ujar Disyon. Saat ini ada sekitar 26 produsen peralatan dan perlengkapan kegiatan luar ruang berbisnis di Indonesia. Itu belum termasuk ratusan importir, distributor, toko dan pedagang produk garmen, peralatan dan perlengkapan outdoor lokal yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Untuk itulah, di sini kami hadirkan peserta pameran yang bervariasi antara produsen peralatan outdoor, penyedia jasa kegiatan outdoor, hingga destinasi wisata dalam dan luar negeri,” ujarnya. Pada tahun kedua penyelenggaran INDOFEST ini, COS Event sebagai panitia penyelenggara menargetkan kenaikan pengunjung hingga 75.000 orang. Tahun lalu, pameran akbar ini mampu meraup jumlah pengunjung hingga 40.000 orang.

“Kami berani menaikkan target karena memang mengikuti tingginya animo tahun lalu,” tambah Disyon. Diskon menarik Selama lima hari pameran dilaksanakan, INDOFEST 2016 akan menyajikan atmosfer petualangan yang menarik dengan menampilkan beberapa aktivitas di dalam area pameran. Beberapa kegiatan itu meliputi talkshow, coaching clinics, demo komunitas kegiatan berupa slackline, trail bike, hammock festival, dan lainnya. Tak hanya itu. Panitia juga menyiapkan berbagai kompetisi bersifat rekreasi, diantaranya fun climbing, fun bike, boomerang competition, serta kegiatan peduli lingkungan dengan ecofriendly run. “Dengan cara itu kami berharap para pelaku kegiatan alam bebas juga dapat terus bertambah. Tidak ada batasan usia, karena yang terpenting adalah tetap hidup sehat dengan terus bergiat,” Eva Fitri Yeni, Event Coordinator COS Event. Eva menambahkan, pada pameran tersebut pengunjung akan menemukan beragam produk dari produsen peralatan outdoor, paket wisata berkaitan dengan kegiatan petualangan luar ruang, hingga beragam destinasi wisata dalam dan luar negeri. Dia optimistis, kegiatan ini mendapat sambutan luar biasa melebihi sambutan masyarakat yang luar biasa pada INDOFEST 2015 lalu. “Di sinilah pertemuan antara pebisnis atau produsen pendukung kegiatan alam bebas dengan komunitas dan pegiat alam bebas itu sendiri. Inilah saatnya mereka bisa saling bertukar pengalaman, membuka jejaring baru dan menumbuhkan bisnis dan meluaskan pasar dari produk-produk outdoor-nya itu tidak hanya di kalangan pelaku, tapi juga masyarakat umum," kata Eva. Eva menuturkan, tahun ini produsen peralatan kegiatan alam bebas yang berpartisipasi akan lebih beragam, baik dalam maupun luar negeri. Bahkan, demi mendulang sukses melebihi INDOFEST 2015 lalu, ada beberapa brand berbeda dari tahun lalu yang ikut serta pada pameran tahun ini. Untuk itulah, Eva menambahkan, tahun ini pengunjung bukan hanya akan dimanjakan dengan beragam produk outdoor terbaru, tapi juga berbagai diskon menarik. Ada banyak pilihan merek lokal ternama hadir di sini, antara lain Avtech, Consina, Cozmeed, Eiger, REI dan lainnya.

Adapun produk dari brand internasional yang sudah terkenal pun siap menemui pengunjung pameran ini. Beberapa diantara yang hadir sebagai peserta pameran adalah Suunto, Osprey, the North Face, Victorinox, Garmin, dan Petzl. “Total ada sekitar 120 merek yang berpartisipasi dalam pameran kali ini. Rata-rata peserta tahun lalu juga ikut ambil bagian,” kata Eva. Sebagai daya tarik, pengunjung juga bisa mengikuti beragam aktivitas “petualangan”, antara lain climbing fun competition untuk dewasa dan kids climbing untuk anak-anak. Menariknya, khusus pengunjung anak-anak akan dimanjakan dengan beragam aktivitas yang dipusatkan di zona khusus bernama Kid's Zone. “Kami akan buat senyaman mungkin orang tua yang akan membawa anak-anaknya tanpa ada rasa khawatir bertualang di Kid's Zone nanti. Khusus hari Sabtu dan Minggu, kami akan adakan berbagai kegiatan menarik untuk anak-anak saat pameran berlangsung,” tambah Eva. Nah, selamat bertualang di alam bebas!

#anekapromo #promopameraneksibisi

ARTIKEL TERKAIT

PARTNERS

TENTANG SEPUTAREVENT.COM

 

SeputarEvent adalah media publikasi online yang dikelola oleh PT. Gama Linggatama mengenai semua hal yang berkaitan dengan event : informasi, tips, review, interview tokoh, komunitas, lowongan kerja dan berita-berita event lainnya.

 

Pemimpin Perusahaan: R. Haryoko | Penanggung Jawab: Lilik Setyorini | Redaktur Pelaksana: Yudika Nababan | Media Sosial:  Muh. Heri Suyono, Eunike Dorothea | Keuangan: Siti Masamah | Alamat: The Archade Permata Hijau, Jl Raya Pos Pengumben No 1 B, Jakarta, Indonesia | Kontak: email: redaksi@seputarevent.com WA: 0882-8972-6272 | © 2014-2020

  • White Twitter Icon
  • White Instagram Icon
  • White Facebook Icon
  • White YouTube Icon