Urban Makers Week 'Purwarupa 2016'

26 Mar 2016

 

 

Jakarta, 17 - 27 Maret 2016

 

“Urban Makers Week” adalah tema The 3rd Biennial Exhibition of Purwarupa Universitas Pembangunan Jaya. Diprakarsai oleh tiga program studi yang bersinergi (Arsitektur, Desain Produk Industri, serta Desain Komunikasi Visual), pameran ini merupakan rangkaian kegiatan yang menonjolkan Pusat Unggulan Universitas, yaitu Urban Development dan Urban Lifestyle. Ranah desain (design), kehidupan dan gaya hidup kota (lifestyle) dalam keseharian (everyday life) merupakan komponen kehidupan masyarakat urban. Seperti halnya Jane Jacobs dalam The Death and Life of Great American Cities, sebuah kota akan terasa hidup dan bergairah jika masyarakat kota dapat berinteraksi secara baik dalam ruang-ruang kota. Seringkali bentuk interaksi ini sangatlah kompleks, multi layers dan tidak teratur. Namun itulah sebuah kota yang sesungguhnya, yang penuh dengan dinamika hasil dari desain dan cara penggunaannya dalam keseharian. Hal inilah yang direkam dan disajikan dalam Pameran Urban Makers Week yang berlangsung tanggal 17-27 Maret 2016 di lantai LG, Wing Selatan, Bintaro XChange Mall.

Pameran Purwarupa ini mengangkat isu-isu perkotaan dan bagaimana sebuah kota digunakan dalam keseharian. Disponsori oleh Bintaro Xchange Mall, PT. Jaya Real Property, Tbk., PT. Jaya Konstruksi, MP., dan PT. Jaya Teknik Indonesia, pameran ini merupakan bentuk sumbangsih nyata Universitas Pembangunan Jaya dalam memberikan pengetahuan kepada masyarakat. Oleh karena itu, ‘Urban Makers Week’ sebagai tema pameran Purwarupa ini menampilkan pameran karya – karya mahasiswa berupa wujud 2 dimensi dan 3 dimensi dalam bentuk desain, gambar, produk pakai, dan model/maket sebagai jawaban atas tantangan permasalahan urban.

Selain pameran, Urban Makers Week juga menyelenggarakan beberapa workshop yang bertemakan urban. Acara workshop akan dibagi dalam empat hari dengan sembilan judul acara. Workshop Diorama Photography dan Aeroplane Modelling dilaksanakan pada hari Jumat, 18 Maret 2016 pukul 15.00-18.00 WIB, workshop Custom Toy dan Paper Craft Building dilaksanakan pada hari Selasa, 22 Maret 2016 pukul 15.00-18.00 WIB. Workshop Customized Totebag dan 3D Puzzle Buildings dilaksanakan pada hari Rabu, 23 Maret 2016 pukul 15.00-18.00 WIB, dan workshop Figure Modelling dan Still Life Drawing dilaksanakan pada hari Jumat, 25 Maret 2016 pukul 15.00-18.00 WIB, serta Architecture Coaching Clinic dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 dan 26 Maret 2016 pukul 10.00-22.00 WIB.

Pameran dan Workshop ini merupakan rangkaian sharing knowledge kepada siswa-siswi SMA, masyarakat umum, serta menjadi ajang unjuk karya mahasiswa UPJ kepada rekan-rekan mahasiswa lain dari Universitas se Jakarta dan Tangsel. Dengan dipamerkannya karya – karya mahasiswa berupa wujud 2 dimensi dan 3 dimensi dalam bentuk desain, gambar, produk pakai, dan model/maket, hal ini tentunya menumbuhkan rasa percaya diri mahasiswa. Pameran ini tentunya akan mendorong semangat serta kreatifitas mahasiswa dalam berkarya dan sebagai wadah apresiasi terhadap karya mereka. Dengan demikian, mahasiswa UPJ dapat menujukkan eksistensi dan aktualisasi diri melalui karya yang diakui oleh masyarakat kota. 

 

Please reload

ARTIKEL TERKAIT
Please reload

PARTNERS

TENTANG SEPUTAREVENT.COM

 

SeputarEvent adalah media publikasi online yang dikelola oleh PT. Gama Linggatama mengenai semua hal yang berkaitan dengan event : informasi, tips, review, interview tokoh, komunitas, lowongan kerja dan berita-berita event lainnya.

 

Pemimpin Perusahaan: R. Haryoko | Penanggung Jawab: Lilik Setyorini | Redaktur Pelaksana: Yudika Nababan | Media Sosial:  Muh. Heri Suyono, Eunike Dorothea | Keuangan: Siti Masamah | Alamat: The Archade Permata Hijau, Jl Raya Pos Pengumben No 1 B, Jakarta, Indonesia | Kontak: email: redaksi@seputarevent.com WA: 0816757352 | © 2014-2019

  • White Twitter Icon
  • White Instagram Icon
  • White Facebook Icon
  • White YouTube Icon