Semerbak Wangi Durian Mengiringi Durian Fair 2016


Rasanya sulit sekali untuk berjalan di antara kerumunan orang di Durian Fair 2016. Bukan hanya padat, masyarakat juga berteriak saling tawar-menawar dengan pedagang. “Sekilo Rp85.000,00, sekilo delapan-lima!”, kata seorang pedagang durian asal Bogor, “Kemahalan, Pak! Cobain dulu!” Sambut calon pembeli. Durian Fair 2016 dapat dikatakan sukses besar. Pada tanggal 27 Februari, pekan raya tersebut dibuka di Blok M Square, Jakarta Selatan, dan telah meraup begitu banyak pengunjung. Acara tersebut dimulai pada pukul 09.00 pagi, tetapi sekitar pukul 12.00—13.00, sudah banyak pedagang durian yang menjual habis dagangannya. Masyarakat terlihat asyik menyantap durian dalam berbagai “bentuk”, mulai dari berbentuk buah asli, sampai es krim dan pancake durian. Tahun ini menjadi tahun yang spesial untuk beberapa varietas durian, terutama untuk durian asal Banjarnegara dan Pandeglang. Durian pandeglang menyabet dua gelar dalam kontes durian, sedangkan durian asal Banjarnegara, Durian Si Rouf, mendapatkan gelar durian terbaik tahun 2016. Durian Si Rouf tersebut memenangkan kontes karena dagingnya besar-besar, lembut, manis, gurih, kuning, dan terasa sedikit pahit. Kontes tersebut dipimpin oleh Dr. Ir. Mohamad Reza Tirtawinata, M.S., seorang pakar buah dari Bogor, sekaligus peneliti buah durian. Acara yang diselenggarakan oleh Trubus Cipta Swadaya tersebut memperkenalkan berbagai jenis durian kualitas nomor satu asal lokal ke Ibukota. Banyak sekali varietas durian yang tiap tahunnya diunggulkan, seperti Kromo Banyumas Nanga, Kalumpang Sijunjung, Petruk, Pelangi Atururi, Si Seupah, Tarmin, Kencono Rukmi, Kholil, Gulegaet, Torong, dan lain-lain. Pengisi stan Durian Fair 2016 juga bukanlah sembarang pedagang durian, melainkan ahli dalam bidang durian. Terdapat Bawor dari Banyumas, Kholil dari Mijen, Matahari dan Jabrix dari Rancamaya, Si Fajar dari Pandeglang, dan Si Galuh dari Banjarnegara. Beberapa pedagang bahkan telah memenangkan kontes-kontes durian di provinsi lainnya. Acara Durian Fair 2016 ini adalah ajang perdana dalam rangkaian Urban Green Festival yang diadakan sepanjang tahun 2016. Artinya, selain buah durian, akan ada acara lain yang mengusung tema senada dalam beberapa bulan ke depan di Jakarta. Durian Fair 2016 akan diselenggarakan di Blok M Square, Jakarta Selatan sampai tanggal 6 Maret 2016. Pada setiap akhir minggu akan ada lelang durian. Mungkin saat tersebut adalah saat yang tepat untuk berburu Si Rouf (bernomor 06 dalam kontes), jenis durian yang menjadi “Raja” dalam kontes kali ini.

#anekaliputan #liputankuliner #liputanpameranprodukbazaar

ARTIKEL TERKAIT

PARTNERS

TENTANG SEPUTAREVENT.COM

 

SeputarEvent adalah media publikasi online yang dikelola oleh PT. Gama Linggatama mengenai semua hal yang berkaitan dengan event : informasi, tips, review, interview tokoh, komunitas, lowongan kerja dan berita-berita event lainnya.

 

Pemimpin Perusahaan: R. Haryoko | Penanggung Jawab: Lilik Setyorini | Redaktur Pelaksana: Yudika Nababan | Media Sosial:  Muh. Heri Suyono, Eunike Dorothea | Keuangan: Siti Masamah | Alamat: The Archade Permata Hijau, Jl Raya Pos Pengumben No 1 B, Jakarta, Indonesia | Kontak: email: redaksi@seputarevent.com WA: 0882-8972-6272 | © 2014-2020

  • White Twitter Icon
  • White Instagram Icon
  • White Facebook Icon
  • White YouTube Icon