Metrotvnews.com Potong Angka Putus Sekolah Lewat OSC 2015!

Terus meningkatnya angka putus sekolah di Indonesia masih menjadi permasalahan bersama bangsa ini sekaligus faktor utama pemicu meningkatnya angka kemiskinan. Angka putus sekolah paling sering terjadi saat peralihan jenjang dari SMA menuju perguruan tinggi. Faktor ekonomi menjadi alasan utama lulusan SMA/SMK/sederajat terpaksa mengurungkan niat untuk melanjutkan pendidikan.

Melihat permasalahan yang sudah cukup mendarah daging tersebut, Metro TV melalui Metrotvnews.com membuat sebuah gerakan terobosan baru lewat digelarnya ajang kompetisi beasiswa S1 bebasis “Online Scholarship Competition (OSC) 2015”. Kompetisi beasiswa online ini diklaim merupakan yang pertama digelar di Indonesia, pemenangnya  memperoleh beasiswa kuliah di sejumlah perguruan tinggi swasta favorit di Jakarta. Yang menarik dari Beasiswa OSC Metro TV ini adalah karena berbasis online, peluang dibuka bagi peserta di seluruh wilayah Indonesia, sehingga membuka kesempatan siapa saja untuk memenangkan beasiswa.

Tahun ini ada 50 kursi beasiswa disediakan di 5 universitas swasta di Jakarta. Masing-masing universitas menyediakan 10 beasiswa untuk diperebutkan di antaranya Universitas Pelita Harapan (UPH), Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Universitas Trisakti, Universitas Mercu Buana, dan Universitas Al-Azhar Indonesia. Pemenang beasiswa OSC akan mendapatkan pembebasan uang pangkal, bebas uang semester selama 4 tahun (evaluasi penilaian di tiap semester), serta sertifikat pemenang.

Diharapkan ajang ini menjadi sarana bagi generasi muda berprestasi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi bergengsi di Jakarta secara gratis. Selain itu, OSC juga dapat menjadi wahana bagi kampus untuk semakin berpartisipasi aktif dalam memperluas akses pendidikan.

Tercatat sekitar 5.600 pelajar dari berbagai penjuru daerah di Nusantara mendaftar di program beasiswa OSC. Guna menyaring pelajar yang berhak mendapat beasiswa, tes secara online dilakukan serentak bagi peserta di seluruh daerah. Tes secara online ini merupakan terobosan yang dapat memperluas kesempatan bagi siswa bisa menjalani proses seleksi tanpa harus datang langsung ke kampus yang dituju.

Hasil dari tes online serentak, terjaring 125 anak yang terpilih mengikuti tahapan berikutnya di Jakarta. Masing-masing kampus, punya 25 pelajar terpilih yang dapat mengikuti tahapan berikutnya yang meliputi tes akademis hingga wawancara langsung dengan pihak kampus.

Puncaknya pada 17 Desember 2015 lalu bertempat di ballroom Kuningan City, masing-masing kampus bersama Metrotvnews.com menetapkan 10 pelajar terpilih yang berhak mendapat beasiswa pendidikan gratis hingga lulus S1. Total ada 50 pelajar yang terpilih dan beruntung mendapat pendidikan gratis di kampus yang mereka pilih. Penerima beasiswa mendapat bebas biaya uang pangkal 100 persen serta bebas biaya semester selama 4 tahun (8 Semester).

 

Please reload

ARTIKEL TERKAIT
Please reload

PARTNERS

TENTANG SEPUTAREVENT.COM

 

SeputarEvent adalah media publikasi online yang dikelola oleh PT. Gama Linggatama mengenai semua hal yang berkaitan dengan event : informasi, tips, review, interview tokoh, komunitas, lowongan kerja dan berita-berita event lainnya.

 

Pemimpin Perusahaan: R. Haryoko | Penanggung Jawab: Lilik Setyorini | Redaktur Pelaksana: Yudika Nababan | Media Sosial:  Muh. Heri Suyono, Eunike Dorothea | Keuangan: Siti Masamah | Alamat: The Archade Permata Hijau, Jl Raya Pos Pengumben No 1 B, Jakarta, Indonesia | Kontak: email: redaksi@seputarevent.com WA: 0882-8972-6272 | © 2014-2020

  • White Twitter Icon
  • White Instagram Icon
  • White Facebook Icon
  • White YouTube Icon