KACF Festival 2015 Presents DIVERSE

13 Nov 2015

Jakarta, 28 - 29 November 2015

 

Kopi Keliling, sebuah gerakan inisiatif yang bertujuan untuk memperkenalkan seni ilustrasi dan kopi lokal ke masyarakat luas, kembali mengadakan acara festival tahunan terbesarnya, Arts & Coffee Festival (KACF) selama dua hari, Sabtu dan Minggu, pada tanggal 28-29 November 2015 di Kuningan City, Jakarta.

Mengambil tiga area berbeda di tiga lantai Kuningan City, KACF 2015 diharapkan mampu menjadi ajang pertemuan seru antara beragam pelaku seni dan industri kreatif ke masyarakat luas.

KACF adalah acara gabungan dari beragam program yang dilakukan Kopi Keliling selama satu tahun ke belakang. Penggabungan tersebut menciptakan core value dari program akhir tahun ini, yaitu “kolaborasi”, dengan maksud bekerjasama dengan beragam pihak dan masyarakat dari latar belakang dan profesi yang berbeda untuk mencapai apresiasi yang sesungguhnya terhadap seni atau ilustrasi.

Mengusung tema DIVERSE sebagai payung besar komunikasi KACF 2015, Kopi Keliling berkolaborasi dengan banyak pihak untuk menampilkan karya terbaik mereka melalui berbagai program, yaitu: Pameran Seni DIVERSE, Catalyst Art Market, Art & Creative Workshops, Caffeine City, Tabik! Music Performance, Puppet Show, Bioskop Keliling, dan Main District.

Untuk itu kami mengundang rekan media untuk menyaksikan secara langsung acara Kopi Keliling Arts & Coffee Festival 2015 yang akan diadakan pada:

Hari/tanggal: Sabtu dan Minggu, 28 dan 29 November 2015
Waktu: 12.00 – 21.00 WIB
Lokasi: Kuningan City Lantai 2, 3, dan 4

Berikut penjelasan mengenai program-program yang akan kami tampilkan:

DIVERSE Exhibition
Di pameran ini, Kopi Keliling berkolaborasi dengan tujuh kelompok seniman/ilustrator dari tiga kota di Indonesia yang akan bereksperimen dalam bentuk karya instalasi. Masing-masing kelompok seniman memiliki anggota dengan latar belakang seni yang berbeda-beda untuk menciptakan sebuah karya kolaborasi yang dapat dinikmati masyarakat. Setiap kelompok akan merespon setiap huruf dari kata DIVERSE untuk menjadi ‘sub tema’ masing-masing, yaitu:
 
D (Do A Store): Pameran instalasi oleh Muchlis Fachri (Muklay) dan Saudara Jauh Initiative
I (Inclusion): Pameran instalasi oleh HEIMLO
V (Visit): Pameran instalasi oleh Rukmunal Hakim
E (Equal): Pameran instalasi oleh Octo Cornelius
R (Rumah): Pameran instalasi oleh Diela Maharanie, Prasajadi Heru Lastiko, dan Nady Azhry
S (Selebrasi): Pameran Instalasi oleh KAR Jewellery dan Atelir TE
E (Eksemplar): Pameran instalasi oleh Kopi Keliling dan Grafis Huru Hara yang berkolaborasi dengan 16 seniman/ilustrator lokal

Catalyst Art Market
Berkolaborasi dengan Catalyst Arts, Kopi Keliling menghadirkan program Catalyst Art Market kelima yang berisi puluhan seniman, ilustrator, dan brand kreatif lokal yang akan menyajikan beragam original artworks, art prints, dan art merchandise dengan kualitas yang tidak kalah dengan produk buatan luar negeri. Sederet nama yang berpartisipasi di Catalyst Art Market 5 ini adalah: Aditya Pratama Putra, Arief Witjaksana, Arya Mularama, Citra Marina, Derau, Lidia Puspita, Galih Sakti, Nengiren, Renata Owen, Rizki Katamsi, Resatio Adi Putra, Bollu, Nerdmob Inc, Heimlo, Kamalika Artprints, dan masih banyak lagi.
 
Arts & Creative Workshops
Masih bersama Catalyst Arts, Kopi Keliling juga akan menghadirkan beragam workshop seru, mulai dari printmaking, kolase, shibori, leather works, marbling, kaligrafi, cat air, dan masih banyak lagi. Setiap workshop yang diadakan bertujuan untuk mengenalkan serunya melakukan kegiatan kreatif serta menciptakan interaksi langsung antara artist yang mengadakan workshop dengan orang umum.
 
Caffeine City
Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu tujuan Kopi Keliling adalah memperkenalkan kopi lokal ke masyarakat luas. Karena itu, Caffeine City yang dipersiapkan oleh Coffee on Wheels akan menampilkan beragam jenis pelaku di industri kopi, mulai dari roaster, coffee shop, hingga toko retail alat dan merchandise kopi. Para pengunjung berkesempatan untuk mencicipi ragam kopi lokal, baik house blend maupun single origin.

Tabik!
Satria Ramadhan Management (SRM) akan mengisi panggung masuk dengan menyajikan band-band andalan mereka dalam acara bertajuk Tabik! Volume 7, di antaranya Gitzel, Littlelute, Low Pink, Peonies, dan The Fox & The Thieves.

Puppet Show
Kopi Keliling ingin agar acara KACF 2015 bisa dinikmati oleh semua usia, termasuk adik-adik yang masih kecil. Karena itu Kopi Keliling berkolaborasi dengan dua pakar yang memang selama ini spesifik mengadakan kegiatan untuk anak-anak yang tidak hanya menghibur tapi juga sangat mendidik, yaitu Puppetaria dan Rabbit Hole Indonesia.

Bioskop Keliling
Bersama dengan Bioskop Keliling, Kopi Keliling mengambil tema #PiknikPerayaanRaya untuk menampilkan beragam film pendek dari beragam filmmaker lokal lewat berbagai genre dan jalan cerita, di antaranya Penjaga Cahaya karya Hairil Saleh, Iblis Jalanan karya Salman Farizi, Mencintai Nisan karya Dmaz Brojonegoro, dan Rock N Roll karya Wisnu Surya Pratama.
 
Main District
Program ini ditujukan untuk para pencinta komik, toys, board games, monsters dan superheroes, di mana Kopi Keliling berkolaborasi dengan beragam komunitas komik dan toys di Indonesia untuk menghadirkan kegiatan-kegiatan seperti talkshow industri komik, main board games bersama, pameran, dan lain sebagainya.

 

Please reload

ARTIKEL TERKAIT
Please reload

PARTNERS

TENTANG SEPUTAREVENT.COM

 

SeputarEvent adalah media publikasi online yang dikelola oleh PT. Gama Linggatama mengenai semua hal yang berkaitan dengan event : informasi, tips, review, interview tokoh, komunitas, lowongan kerja dan berita-berita event lainnya.

 

Pemimpin Perusahaan: R. Haryoko | Penanggung Jawab: Lilik Setyorini | Redaktur Pelaksana: Yudika Nababan | Media Sosial:  Muh. Heri Suyono, Eunike Dorothea | Keuangan: Siti Masamah | Alamat: The Archade Permata Hijau, Jl Raya Pos Pengumben No 1 B, Jakarta, Indonesia | Kontak: email: redaksi@seputarevent.com WA: 0816757352 | © 2014-2019

  • White Twitter Icon
  • White Instagram Icon
  • White Facebook Icon
  • White YouTube Icon