Pameran Tunggal Eko Nugroho di Galeri Salihara serta Kolaborasi Fashion Eko Nugroho dan MajorMinor

29 Oct 2015

Artikel & Foto : Eko Nugroho x MajorMinor

 

PAMERAN SENI RUPA

 

Setelah terakhir kali berpameran tunggal di Indonesia pada tahun 2011, Eko Nugroho—salah satu seniman paling penting di Indonesia saat ini, kini tengah bersiap menggelar pameran yang akan menampilkan karya-karya mutakhirnya pada akhir 2015 di Galeri Salihara, Jakarta.

 

Selain karya-karya bordir yang menjadi ciri khasnya, dia juga akan menampilkan karya instalasi, patung dan mural. Sebagian karya ini akan dikerjakan secara in situ (on site). Seniman kelahiran Yogyakarta pada tahun 1977 ini akan mengubah tampak dalam ruangan Galeri Salihara, dan sejumlah siswa SMP dan SMU terpilih dapat menyaksikan proses transformasi tersebut dalam mekanisme studio yang terbuka.

 

Galeri Salihara, sebagai bagian dari pusat kesenian berbasis swasta di Indonesia, akan menjadi laboratorium bagi Eko Nugroho, dalam menuangkan gagasan ke dalam karya-karya baru yang belum pernah dipamerkan sebelumnya.

 

Kehidupan modern di kawasan urban, maupun perubahan sosial politik masyarakat yang hadir lewat ciri komik dan seni jalanan (street art), serta akar budaya Jawa melalui batik dan wayang, masih memberikan pengaruh pada karya-karyanya. Pameran akan dibuka pada tanggal 21 November 2015 dan akan terus berlangsung sampai dengan tanggal 21 Desember 2015.

 

KOLABORASI FESYEN

 

Bersama dengan pameran tunggal tersebut di atas, Eko Nugroho juga dipertemukan dengan MAJORMINOR, label busana Indonesia yang hasil rancangannya telah dikenal di sejumlah negara. Keduanya berkolaborasi dalam menciptakan serangkaian busana untuk koleksi Spring/Summer 2016.

 

Kolaborasi ini akan menggabungkan garis rancangan MAJORMINOR yang dikenal dengan garis tegas dan asimetris, serta mengedepankan kenyamanan dan mutu, dengan visual Eko Nugroho yang menampilkan pola berulang, topeng, dan makhluk-makhluk mitologi (mythologycal creatures). Hasilnya adalah rancangan yang berani dan canggih; percampuran yang imbang antara seni rupa modern,  fesyen masa kini dan konsep yang kuat.

 

Setelah ditampilkan secara terbatas pada publik dalam Paris Fashion Week (30 September-07 Oktober 2015), koleksi ini juga akan ditampilkan di Jakarta Fashion Week yang akan berlangsung pada tanggal 24-30 Oktober 2015. Dalam acara ini, akan ditampilkan koleksi MAJORMINOR MAHA dan Signature yang berciri dinamis dalam warna-warna modern dan banyak menampilkan teknik cetak di atas kain.

 

Rangkaian acara Pembukaan Pameran Tunggal Eko Nugroho pada tanggal 21 November 2015 akan diawali dengan peragaan busana di Teater Salihara, yang akan menampilkan koleksi MAJORMINOR MAHA. Koleksi hasil kolaborasi perancang busana dan perupa kontemporer ini akan menampilkan sederetan busana yang elegan, dengan detail feminin melalui aplikasi payet, sequins dan penggunaan bordir dalam berbagai teknik dan warna.

 

Please reload

ARTIKEL TERKAIT
Please reload

PARTNERS

TENTANG SEPUTAREVENT.COM

 

SeputarEvent adalah media publikasi online yang dikelola oleh PT. Gama Linggatama mengenai semua hal yang berkaitan dengan event : informasi, tips, review, interview tokoh, komunitas, lowongan kerja dan berita-berita event lainnya.

 

Pemimpin Perusahaan: R. Haryoko | Penanggung Jawab: Lilik Setyorini | Redaktur Pelaksana: Yudika Nababan | Media Sosial:  Muh. Heri Suyono, Eunike Dorothea | Keuangan: Siti Masamah | Alamat: The Archade Permata Hijau, Jl Raya Pos Pengumben No 1 B, Jakarta, Indonesia | Kontak: email: redaksi@seputarevent.com WA: 0816757352 | © 2014-2019

  • White Twitter Icon
  • White Instagram Icon
  • White Facebook Icon
  • White YouTube Icon