Festival Seni Pertunjukkan Kelas Dunia "Asia Tri Jogja 2015" Kembali Digelar


Festival 'The 10 Beats' Asia Tri Jogja 2015 diadakan selama 3 (tiga) hari, Senin (28/9/2015) hingga Rabu (30/9/2015), di Omah Petruk Karang Klethak, Pakem, Kaliurang. Pertunjukan yang dimulai pukul 19.00 hingga 22.00 ini terbuka untuk umum dan gratis. Asia Tri Jogja 2015 didukung sepenuhnya oleh Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, sebuah festival seni pertunjukan yang diprakarsai oleh artis-artis dari 3 negara, yakni Yang Hye Jin dari Korea Selatan, Soga Masaru dari Jepang, dan Bambang Paningron serta Bimo Wiwohatmo dari Indonesia (Yogyakarta). Asia Tri pertama kali digelar di Seoul, Korean Selatan pada tahun 2005, dan selanjutnya pada 2006 hingga 2015 Asia Tri ke-10 digelar di Jogja. Yang pada awalnya bisa dibilang sebagai ‘arisan’ para seniman seni pertunjukan di Asia ini, sudah melewati perjalanan yang cukup panjang dan perkembangan yang cukup signifikan. Pembukaan secara resmi dilakukan oleh Rama Sindhunata sebagai tuan rumah Omah Petruk tempat Asia Tri Jogja 2015 diselenggarakan, dan Bapak Bambang Paningron sebagai Event Producer. Bambang Paningron yang membuka acara tersebut dengan 3 bahasa yaitu bahasa Indonesia, bahasa Jawa dan bahasa Inggris, mengatakan pada sambutannya mengenai pentingnya Asia Tri sebagai sebuah ruang untuk membangun interaksi, toleransi, dan solidaritas. Lebih jauh lagi Asia Tri bertujuan untuk memperluas jaringan antar seniman seni pertunjukan di dunia, khususnya di Asia Pasifik. Asia Tri juga merupakan sebuah forum yang berusaha membangun kesadaran masyarakat, terutama penonton, akan adanya perbedaan dan keragaman budaya yang ditampilkan dalam pementasan dari masing-masing seniman. ATJ 2015 dihadiri kurang lebih 25 penampil dari dalam dan luar negeri yakni dari Malaysia, Japan, Korea, Sri Lanka, Australia, Ukraina, serta seniman dari dalam negeri yakni dari Cirebon, Kalimantan, Ponorogo, Lampung, Solo, Jakarta, Papua dan Yogyakarta.

Selain seni pertunjukan, Asia Tri Jogja juga dimeriahkan dengan workshop 'Handcraft Lalka-Motanka'. Boneka Motanka merupakan boneka rakyat Ukraina, yang bisa diikuti dengan gratis.

#anekaliputan #liputansenibudaya #liputanpertunjukkanhiburan

ARTIKEL TERKAIT

PARTNERS

TENTANG SEPUTAREVENT.COM

 

SeputarEvent adalah media publikasi online yang dikelola oleh PT. Gama Linggatama mengenai semua hal yang berkaitan dengan event : informasi, tips, review, interview tokoh, komunitas, lowongan kerja dan berita-berita event lainnya.

 

Pemimpin Perusahaan: R. Haryoko | Penanggung Jawab: Lilik Setyorini | Redaktur Pelaksana: Yudika Nababan | Media Sosial:  Muh. Heri Suyono, Eunike Dorothea | Keuangan: Siti Masamah | Alamat: The Archade Permata Hijau, Jl Raya Pos Pengumben No 1 B, Jakarta, Indonesia | Kontak: email: redaksi@seputarevent.com WA: 0882-8972-6272 | © 2014-2020

  • White Twitter Icon
  • White Instagram Icon
  • White Facebook Icon
  • White YouTube Icon