top of page

ProComm Organizer: Be Creative Or Die


Menyelenggarakan sebuah event merupakan bagian penting dalam aktivitas promosi atau sosialiasi bagi perusahaan atau instansi lainnya, sehingga dituntut terlaksana secara efektif dan efisien. Di balik kesuksesan sebuah event tentunya tidak terlepas dari adanya peran Event Organizer yang memiliki beraga, peran penting. Sebut saja mengatur kebutuhan acara dari A-Z, semisal biaya, promosi, pemilihan lokasi, materi pendukung acara, artis hingga jalannya acara yang terkadang melibatkan banyak orang penting.

Event Organizer saat ini juga dinilai sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan. Segmen pasar Event Organizer sangatlah luas, tidak hanya lingkup perusahaan atau musik, tetapi kini mulai merambah bidang lainnya: komunitas, LSM, pendidikan hingga acara-acara pribadi. Jika Anda mampu menguasai semua aspek yang berkaitan dengan penyelenggaraan acara, maka peluang usaha ini sangat menggiurkan. Hal inilah yang dibagikan oleh Sofyan Nasution dari Procomm Organizer, ketika tim Seputar Event berkesempatan menyambangi kantornya di Jl. Sei Serayu No. 07 H, Medan, Sumatra Utara.

Bagaimana latar belakang dan proses terbentuknya ProComm Organizer? Pro Event Communication sendiri merupakan buah tangan yang saya rintis bersama adik kandung saya, Ichan Nasution. Perusahaan yang didirikan pada 14 Desember 2001 ini kemudian dikenal dengan ProComm Organizer. Saya mulai dengan modal awal Rp3.500.000 dengan order pertama membuat sebuah acara pembukaan untuk salah satu pasar swalayan di Medan. Pekerjaan pertama di bawah bendera ProComm langsung menorehkan prestasi dengan hadirnya jumlah pengunjung yang melebihi target, meskipun saat itu saya belum memiliki kantor tetap selama kurang lebih dua tahun. Menginjak tahun ketiga, saya bersama ProComm harus memulai langkah jauh lebih cepat dari kompetitor lain. Berdomisili di daerah Medan menjadikan saya tidak dapat berpatok hanya pada satu spesialisasi lingkup event saja, saya harus menguasai segala bentuk event yang diinginkan pasar. Menguasai segala aspek kreatif menjadikan ProComm dipercaya selama selama lebih dari 14 tahun.

Lingkup layanan event apa saja yang ditawarkan ProComm? Sampai saat ini layanan event yang kami berikan berbentuk gathering, conference, anniversary hingga pertunjukkan musik pun dapat kami garap. Skala event yang kami tawarkan juga beragam, baik bersifat lokal maupun nasional. Partner kami pun terdiri dari berbagai kalangan seperti perbankan, provider kartu telepon, properti, perusahaan otomotif dan masih banyak lagi. Dalam setiap event yang kami garap kami berusaha sedapat mungkin tidak mengecewakan klien, oleh karena itu dalam mendukung pelaksanaan yang sempurna kami mendirikan Pentaswara Indonesia sebagai anak perusahaan ProComm yang bergerak pada rental equipment showbiz mulai dari sound system, lighting, rigging, dan stage. Pentaswara didirikan untuk mendukung event-event yang digelar ProComm. Pada tahun 2010 kami juga mendirikan Radio Hot 90,0 FM dan Hompimpa Kids Party Organizer sebagai media publkasi ProComm.

Nilai apa saja yang dijadikan komitmen oleh ProComm dalam menjaga kepercayaan klien? Sampai detik ini kredibilitas dan mutu kerja baik yang selalu dijaga dan diterapkan ProComm dalam setiap penyelenggaraan event klien. Untuk bertahan dalam kerasnya kompetisi persaingan antar EO, kiat apa yang dijalankan ProComm untuk menjaga kreativitas? Semakin sukses sebuah event yang dibuat akan semakin dipercaya oleh klien untuk menangani berbagai event lainnya, hal inilah yang coba terus ProComm jaga dalam perjalanannya. Bagaimana mampu merumuskan konsep acara dan break down ke dalam kegiatan teknis yang sesuai untuk mencapai tujuan yang diharapkan oleh klien adalah proses kreatif yang dijaga seluruh keluarga ProComm. “Be Creative or Die!” inilah prinsip kerja kami di dalam keluarga ProComm. Kreativitas adalah modal utama untuk bertahan hidup dan bekerja di ProComm. Jika kita tidak mampu memberikan ide-ide segar atau inovasi yang baru maka hidup ini hanya sekadar bertahan untuk makan saja.

Minimnya bujet yang diberikan dalam setiap pelayanan event di daerah menjadikan kami harus pandai melihat peluang usaha yang ada. Jika kita bermain di daerah, saya melihat EO lain bukan sebagai pesaing, tapi sebagai rekan usaha. Kita harus pandai melihat peluang usaha yang ada, saling mengisi kekurangan dengan kelebihan masing-masing adalah kunci sukses dalam penyelenggaraan sebuah acara. Bisnis EO adalah bisnis komunikasi dan bisnis hiburan, kepuasan dan ketertarikan menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Ketika tidak ada ide cemerlang dan kreativitas, maka bersiap-siaplah gigit jari. Jangan takut untuk mewujudkan ide gila yang inovatif tapi bisa diterima masyarakat. Sebisa mungkin, hindari penawaran ide yang monoton. Usahakan untuk memunculkan ide tema acara yang menarik dan berbeda

Siapa klien terbesar yang pernah ditangani ProComm? Besar atau pun kecil acara klien, kami akan lakukan yang terbaik dalam pelaksanaanya. Bermodal kreativitas dan kredibilitas tinggi menjadikan kami dipercaya untuk menangani sejumlah event besar. Selama 14 tahun berdiri sudah lebih dari 300 Event yan ditangani oleh ProComm Organizer dan hal ini membuat kami dipercaya lebih dari 50 perusahaan nasional. Zero complain selalu menjadi target ProComm dalam tiap melakasanakan pekerjaan. Apa saran Anda bagi para pemula yang ingin terjun dalam bisnis event? Saya menyarankan untuk menekankan kemampuan menjual sebuah acara, karena faktor tersebut adalah penentu bagi Anda yang ingin berkecimpung di bisnis event. Disamping untuk menggaet sponsor potensial, juga dapat meraih target audience yang dibidik. Para calon sponsor potensial ini biasanya tidak akan ragu ragu untuk mendanai jika mereka melihat ada value lebih dari event yang dilenggarakan. Bukan tidak mungkin, seorang sponsor akan mem-booking berbagai event yang akan diselenggarakan sebagai wahana mereka berpromosi. Entah itu sebagai sponsor tetap atau bahkan menjadi sponsor tunggal dengan mendanai seluruh biaya event yang dibutuhkan. Oleh karena itu, pemasaran dan branding sangat saya tekankan dan kesuksesan bergantung dari kemampuan kita menjual konsep dan meyakinkan klien bahwa event yang kita selenggarakan sangat worth it bagi perusahaan mereka. Sekali lagi, yang terpenting dalam bisnis event adalah kreativitas. Event Organizer pada dasarnya berjualan kreativitas. Hal-hal yang berbau kreativitas inilah yang bisa bernilai tinggi. Untuk itulah seorang klien yang merasa puas mau membayar mahal.

Bagaimana pandangan dan harapan Anda dengan hadirnya Backstagers Indonesia sebagai komunitas yang mewadahi para pelaku event? Adanya wadah organisasi atau asosiasi Event Organizer menurut saya sangat membantu perkembangan perusahaan Event Organizer itu sendiri. Event Organizer dapat berbagi pengalaman dan saling bertukar pengalaman dan saling membantu baik itu informasi atau dalam bentuk lainnya. Komunitas Backstagers yang hadir dengan sejumlah nama kawakan di bisnis event ini saya harap mampu memberikan banyak kontribusi dan kesejahteraan bagi para pelaku event lainnya selain sebagai tempat bersilaturahmi para pelaku event. Adanya Backstagers saya yakin mampu menjadi pengawas di tengah derasnya pertumbuhan Event Organizer baru yang terkesan lempar batu sembunyi tangan sehingga mampu mencederai nama baik bisnis event sendiri. ProComm Organizer Jalan Sei Serayu No.7H Medan, 20122 Telp.: 061-8227368 Fax: 061-8227367 Email: sofyan@procomm-organizer.com, ican@procomm-organizer.com Website: www.procomm-organizer.com

604 views0 comments
bottom of page