Bioskop Bisik Gelar Nobar Film Tjoet Nja' Dhien

8 Aug 2015

Artikel & Foto: Images Dymanics 

Setelah sukses menggelar pertunjukan pada April 2015 yang lalu, Think.Web bersama dengan Galeri Indonesia Kaya kembali menghadirkan sebuah cara bagi masyarakat tunanetra agar mendapatkan pengalaman menonton film secara utuh dalam Bioskop Bisik. Pertunjukan ini berlangsung di Auditorium Galeri Indonesia Kaya hari ini pukul 15.00.

 “Senang sekali Galeri Indonesia Kaya kembali menghadirkan Bioskop Bisik. Tak semua orang dapat merasakan sensasi audiovisual yang ditampilkan dalam sebuah film, terutama bagi para tunanetra. Semoga kita dapat belajar untuk menghargai sesama kita dengan segala kekurangan yang mereka miliki dan berbagi indahnya kekayaan seni budaya yang dimiliki Indonesia kepada mereka,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation. Konsep Bioskop Bisik adalah dengan membisikkan deskripsi adegan dan alur cerita kepada penonton tunatera. Dengan demikian, mereka mengerti dan dapat juga merasakan emosi yang ada di dalam film tersebut.

Bioskop Bisik kali ini mengangkat film Tjoet Nja' Dhien, pahlawan wanita Indonesia dari Aceh yang turut berjuang melawan Belanda. Sebagai pemimpin para Inong Balee, yaitu perkumpulan para wanita melanjutkan perjuangan suaminya yang gugur di medan perang, keberanian Tjoet Nja' Dhien dalam bertempur dikenal melebihi keberanian perempuan bangsa lain dan paling ditakuti oleh lawan. Film ini menceritakan tentang perjuangan Tjoet Nja' Dhien dan rakyat Aceh dalam melawan penjajah.

 

Sekitar 50 orang tunanetra diajak untuk ikut dalam acara ini. "Ketika para tunanetra berkumpul dengan yang bukan tunanetra sebetulnya tidak ada yang berbeda, tapi kendala kadang muncul ketika membicarakan tentang film. Namun dengan diadakannya acara Bioskop Bisik ini, kami para tunanetra bisa membayangkan seperti apa rasanya menikmati film. Kami sangat berterima kasih kepada Galeri Indonesia Kaya dan para penyelenggara yang konsisten mengadakan acara ini," ujar Tri, salah satu peserta Bioskop Bisik.

Acara Bioskop Bisik kali ini diramaikan oleh relawan-relawan dari berbagai kalangan, dan juga dihadiri oleh pemeran Tjoet Nja' Dhien, yaitu Christine Hakim dan sutradara, Eros Djarot. “Sebelumnya saya jarang menghadiri acara pemutaran film Tjoet Nja’ Dhien, tapi untuk Bioskop Bisik ini saya tergerak untuk hadir karena acara ini sangatlah mengharukan bagi saya dan patut diapresiasi. Terima kasih kepada Galeri Indonesia Kaya dan para penyelenggara,” ujar Eros Djarot, sutradara film Tjoet Nja’ Dhien.

 

Please reload

ARTIKEL TERKAIT
Please reload

PARTNERS

TENTANG SEPUTAREVENT.COM

 

SeputarEvent adalah media publikasi online yang dikelola oleh PT. Gama Linggatama mengenai semua hal yang berkaitan dengan event : informasi, tips, review, interview tokoh, komunitas, lowongan kerja dan berita-berita event lainnya.

 

Pemimpin Perusahaan: R. Haryoko | Penanggung Jawab: Lilik Setyorini | Redaktur Pelaksana: Yudika Nababan | Media Sosial:  Muh. Heri Suyono, Eunike Dorothea | Keuangan: Siti Masamah | Alamat: The Archade Permata Hijau, Jl Raya Pos Pengumben No 1 B, Jakarta, Indonesia | Kontak: email: redaksi@seputarevent.com WA: 0882-8972-6272 | © 2014-2020

  • White Twitter Icon
  • White Instagram Icon
  • White Facebook Icon
  • White YouTube Icon