Ingress XM Anomaly Persepolis

Artikel & Foto: Panitia penyelenggara

Pada tanggal 20 Juni 2015 mulai pukul 11.00 WIB, Ingress, sebuah permainan yang dibuat oleh Niantic Labs (perusahaan startup dalam lingkup Google) akan menyelenggarakan kegiatan yang bertajuk Ingress XM Anomaly Persepolis di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Ingress merupakan gabungan dari beberapa genre permainan, Augmented Reality Massive Multimedia Online Role Playing Games berbasis Lokasi (GPS) yang dengan menggunakan perangkat berbasis Android dan IOS, dan dimainkan hampir di seluruh dunia. XM Anomaly, merupakan kegiatan terencana yang dibuat secara berkala pada waktu dan tempat yang telah ditentukan. Pada dasarnya XM Anomaly adalah periode di mana konsentrasi XM (Exotic Matters) di beberapa area cluster of portals tertentu berada dalam keadaan luar biasa tinggi dan membuat para agent dari faksi Enlightened (tim hijau) dan Resistance (tim biru) harus berkompetisi dan ‘berperang’ untuk mempertahankan cluster of portals agar tetap berada dalam kekuasaan faksi masing-masing demi mencapai poin permainan tertinggi yang dihitung secara akumulatif di tingkat internasional. Kegiatan ini memerlukan pelibatan banyak agent dari masing-masing faksi untuk kebutuhan mobilisasi massa (agents), analisa situasi, intelligence serta taktik dan strategi perang. Dalam kegiatan XM Anomaly ini, agent dari kedua faksi akan berusaha memenangkan faksi masing-masing karena hasil akhir dari XM Anomaly ini akan mempengaruhi alur cerita dalam permainan Ingress.

Sejak pertama kali Ingress diluncurkan di tahun 2012, sudah berlangsung 20 kali XM Anomaly. Setiap kegiatan XM Anomaly selalu memiliki nama yang unik seperti #battleforcahokia, #Freemistry, OperationJuiceClub, #Sharperdata, #Bowstring, #IngressDays, #TimeZero, #Voynich, IngressIO, #NewAgentInitiative, #Cassandra, #Helios, Interitus, Recursion, Darsana, #Minotaur, #SaveKlue (#FreeKlue), #13Magnus dan yang baru saja selesai adalah #Shonin. Setiap kegiatan XM Anomaly bisa berlangsung di satu Primary Site dan beberapa Satellite Sites sekaligus hingga beberapa minggu lamanya. Untuk kegiatan XM Anomaly ke duapuluh kali ini yang diberi nama Persepolis, Jakarta terpilih menjadi salah satu Satellite Site bersama dengan 14 kota lainnya di dunia. XM Anomaly kali ini memiliki 5 Primary Sites yang tersebar di Amerika Serikat, Belanda, Jepang dan Slovakia. Para agent yang terlibat dalam kegiatan Anomaly ini biasanya mendapatkan reward yaitu berupa badge virtual yang bisa dikalkulasikan untuk kenaikan level permainan.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) disetujui untuk dipilih menjadi arena kegiatan XM Anomaly di Jakarta karena area ini memiliki lebih dari 300 portal dan beberapa cluster of portals yang cukup besar dan memadai untuk dilaksanakannya kegiatan XM Anomaly ini. TMII juga akan mampu menampung sekira 500 orang pemain (agents) yang akan terlibat dalam kegiatan XM Anomaly ini. Para agent yang setuju untuk terlibat dalam kegiatan ini datang dari seluruh Indonesia dan negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Filipina. Seperti yang telah sedikit disebutkan sebelumnya bahwa dalam permainan Ingress terdapat dua faksi atau kubu, yaitu faksi Enlightened yang memiliki warna tim hijau dan faksi Resistance yang memiliki warna tim biru. Jumlah agent Enlightened di Indonesia sendiri telah mencapai kurang lebih 840 orang yang tersebar dari mulai ujung Indonesia bagian barat hingga timur. Ingress tidak lagi hanya semata-mata sebuah permainan, namun telah menjadi komunitas yang besar dan tersebar di seluruh dunia. Komunitas Ingress Enlightened Indonesia merupakan bagian dari komunitas Ingress Enlightened dunia yang jumlah pemainnya lebih dari 5,000 orang dan setiap hari terus bertambah. Ingress sebagai sebuah permainan interaktif telah membuka jalur berjejaring antar agent dan membentuk lingkaran komunitas yang semakin hari, semakin besar dan padat anggotanya.

#anekaliputan

ARTIKEL TERKAIT

PARTNERS

TENTANG SEPUTAREVENT.COM

 

SeputarEvent adalah media publikasi online yang dikelola oleh PT. Gama Linggatama mengenai semua hal yang berkaitan dengan event : informasi, tips, review, interview tokoh, komunitas, lowongan kerja dan berita-berita event lainnya.

 

Pemimpin Perusahaan: R. Haryoko | Penanggung Jawab: Lilik Setyorini | Redaktur Pelaksana: Yudika Nababan | Media Sosial:  Muh. Heri Suyono, Eunike Dorothea | Keuangan: Siti Masamah | Alamat: The Archade Permata Hijau, Jl Raya Pos Pengumben No 1 B, Jakarta, Indonesia | Kontak: email: redaksi@seputarevent.com WA: 0882-8972-6272 | © 2014-2020

  • White Twitter Icon
  • White Instagram Icon
  • White Facebook Icon
  • White YouTube Icon