top of page

Artemis Danza tampil kembali di Indonesia dengan “Traviata”


Jakarta, Minggu 14 Juni 2015 @ Ciputra Artpreneur

Dalam rangka 65 tahun hubungan bilateral Italia dan Indonesia, Kedutaan Besar Italia di Jakarta dan Istituto Italiano di Cultura Jakarta, bekerjasama dengan Ciputra Artpreneur, menampilkan kombinasi antara tarian dan opera orisinil dari Italia di Indonesia.

Artemis Danza, grup balet asal Italia, akan menampilkan “Traviata” pada tanggal 14 Juni 2015 di pusat kebudayaan Ciputra Artpreneur Theatre. Pertunjukan seni ini akan memperlihatkan kombinasi antara tarian kontemporer dengan gerakan balet klasik dan alunan Opera khas Italia. Pagelaran yang berdasarkan opera “La Traviata” yang legendaris ini, diinterpretasikan oleh Monica Casadei, pendiri Artemis Danza, berdasarkan penafsiran kontemporernya dari sudut kepekaan seorang wanita.

Kunjungan Artemis Danza ke Jakarta diorganisir oleh Kedutaan Besar Italia di Jakarta dan Istituto Italiano di Cultura (Institut Kebudayaan Italia), dalam rangka perayaan 65 tahun hubungan bilateral antara Italia dan Indonesia, bekerjasama dengan Ciputra Artpreneur di Jakarta .

Michela Linda Magri, Direktur Istituto Italiano di Cultura, menyatakan “ Indonesia dan Italia memiliki sejarah panjang dalam kerja sama bilateral, tahun 2015 merupakan peringatan 65 tahun hubungan ini. Pada peringatan tahun ini, kami berbahagia dapat mempertunjukkan cuplikan dari kesenian dan kebudayaan Italia melalui “Traviata”. Pagelaran ini merupakan pertunjukan unik yang menyajikan kombinasi selaras antara tarian dan musik dengan seluruh produksi dan tema yang berasal dari Italia. Kami berharap, kami dapat berbagi rasa cinta kami terhadap seni dan budaya Italia dengan masyarakat Indonesia yang dikenal menjunjung tinggi nilai-nilai kesenian.”

“Traviata”, adalah buah karya artistik Artemis Danza yang sudah menerima banyak pengakuan publik dari berbagai teater, baik di Italia maupun di luar negeri. “Traviata”, merupakan babak pertama dari sebuah proyek yang didedikasikan kepada Giuseppe Verdi, maestro Opeara Italia. Proyek ini bertujuan untuk mempromosikan khasanah budaya Opera Italia melalui perpaduan antara tari dan drama, yang merupakan elemen yang selalu hadir dalam inspirasi artistik karya Monica Casadei.

Kisah “Traviata” sendiri adalah adaptasi dari opera legendaris “La Traviata” dari tahun 1853. Menceritakan mengenai kisah cinta Violetta, seorang courtesan, dengan Alfredo, seorang bangsawan muda, di mana mereka menempuh berbagai rintangan, baik dari pihak keluarga sang pria maupun dari penyakit kronis yang diderita oleh Violetta. Artemis Danza akan mempersembahkan pertunjukan “Traviata” dari sudut pandang Violetta, melalui gerak tari dan ekspresi yang menunjukkan ketulusan hati, peperangan batin dan pergolakan rasa yang dialami oleh sang protagonis.

Perjalanan Artemis Danza di Asia dimulai dari Hongkong, 12 Juni 2015. Institut Kebudayaan Italia di Tiongkok mengundang grup ini untuk tampil di salah satu gedung pertunjukan mereka yang terkini, Teater L’Y. Beberapa hari setelah pertunjukan di Hongkong, mereka akan tampil di Jakarta, tempat yang tak diragukan lagi memiliki keindahan alam dan kebudayaan kental, yang amat dikagumi oleh para penari Artemis Danza sejak penampilan pertama mereka di tahun 2011.

Acara berikutnya, pada tanggal 15 Juni 2015, bekerjasama dengan beberapa sekolah tari terkemuka di Indonesia. Artemis Danza, dikenal dengan tradisinya untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman artistiknya bersama pihak tuan rumah melalui program lokakarya. Program ini merupakan inti dari kunjungan mereka dengan maksud untuk memberikan pelatihan kepada para penari dan guru-guru tari yang ada di negeri tuan rumah yang mengundang mereka, hal tersebut sesuai dengan filosofi seni dari kelompok tari ini.

Artemis Danza didukung oleh Kementerian Warisan dan Aktifitas Budaya dan Pariwisata, serta Kementerian Luar Negeri Italia. Mereka juga mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah Emilia-Romagna dan pemerintah provinsi Parma.

Traviata oleh Artemis Danza akan tampil di Jakarta pada hari Minggu, 14 Juni 2015, di jam 8 malam. Penjualan tiket dapat diperoleh melalui www.kiostix.com . Harga tiket mulai dari Rp.250.000,- hingga Rp 500.000,-

Kedutaan Besar Italia di Jakarta

Dalam rangka memperingati 65 tahun hubungan diplomatik antara Italia dan Indonesia, tahun 2014 secara resmi dimulai perayaan ini. Di mana diadakan serangkaian acara budaya serta komersial yang bertujuan untuk memberikan penghargaan terhadap produk-produk unggulan dari Italia kontemporer dan juga dari Made in Italy.

Institut Kebudayaan Italia Jakarta Istituto Italiano di Cultura (Institut Kebudayaan Italia) adalah lembaga pemerintah Italia resmi untuk promosi pertukaran budaya antara Indonesia dan Italia. Institusi ini mempromosikan kerjasama antara universitas, akademi dan lembaga lain di kedua negara dan menyelenggarakan acara kebudayaan Italia di Indonesia. Institut Kebudayaan Italia di Jakarta menawarkan layanan berikut kepada masyarakat Indonesia:

  • Kursus bahasa Italia

  • Tes dan sertifikasi kemampuan Bahasa Italia sebagai bahasa asing, diselenggarakan dua kali setahun

  • Siswa yang mengikuti kursus bahasa Italia dan menjadi anggota "Amici dell'Istituto" berhak untuk: mendapatkan konsultasi mengenai bahasa Italia dan budaya, meminjam buku, CD, DVD, majalah dan surat kabar Italia, mendapatkan informasi dan dokumentasi tentang budaya Italia dan memperoleh manfaat lain seperti diskon di banyak merchant.

  • Meja informasi pusat kebudayaan Italia memberikan informasi tentang semua aspek kehidupan sosial dan budaya Italia.

Institut ini mengatur dan mempromosikan ceramah, pameran, simposium dan konser, yang diadakan baik di kantor pusat lembaga ini maupun tempat-tempat lain di seluruh Indonesia. Beasiswa untuk belajar dan penelitian di Italia yang diberikan oleh Kementerian Luar Negeri Italia dan lembaga lainnya dari Italia juga diatur melalui Institut Kebudayaan Italia. Ciputra Artpreneur Ciputra Artpreneur, sebuah kompleks seni di Indonesia didirikan menyatu dengan kawasan komersial. Dengan adanya ruang museum seni, galeri dan teater berstandar internasional, kompleks seluas 10.000m2 ini diharapkan dapat menjadi destinasi yang akrab dengan masyarakat luas.

Ciputra Artpreneur terletak di kompleks multiguna Ciputra World 1 Jakarta, yang merupakan masterpiece karya Ciputra Group yang terletak Jl. Prof. Dr. Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan. Kawasan ini dibangun sesuai dengan visi Dr. (HC). Ir. Ciputra untuk membuat daerah ini menjadi Financial, Shopping and Art District layaknya kota-kota besar kelas dunia. Sebagai sebuah fasilitas ruang di Jakarta, Ciputra Artpreneur yang terdiri dari Galeri, Museum dan Teater merupakan kompleks seni terintegrasi pertama di Indonesia yang menumbuhkembangkan semangat artpreneurship tersebut. Ciputra Gallery memiliki luas kurang lebih 1.500 meter persegi dengan fasilitas layar proyeksi massif berukuran 60 x 12 meter, ruang ini juga memiliki pemandangan lepas kota Jakarta. Bersebelahan dengan galeri, Ciputra Museum seluas 700 meter persegi memamerkan koleksi DR.(HC) Ir. Ciputra dengan sentuhan inovasi digital. Permata istimewa lain adalah ruang Ciputra Theater berstandar internasional dengan kapasitas kurang lebih 1.200 kursi, dilengkapi dengan sound system terbaik dari MEYER. Teater ini merupakan teater pertunjukan tertinggi (lantai 13) di Asia dan pembangunannya merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami.

Berdirinya Ciputra Artpreneur ditengah pusat ekonomi Jakarta, diharapkan dapat membangkitkan serta mengembangkan industri kreatif Indonesia melalui kegiatan-kegiatan pemberdayaan berbasis seni dan budaya dengan cakupan yang luas dari seni rupa, seni kriya dan desain, arsitektur, seni pertunjukan, seni musik.

Akses:

Ciputra Artpreneur dapat diakses melalui lantai parkir P8-P11 di atas Lotte Shopping Ave. Ada area drop-off di P11, pada pintu utama. Dari mall, gunakan Lift Satrio dan Lift Avenue menuju P11, atau gunakan escalator dari lantai 4 Mall Lotte Shopping Avenue. Untuk informasi lebih lengkap, hubungi:

Livia Setyabrata Account Executive Inke Maris & Associates T: 021-8281250, F: 021-8351369 e-mail: livia.setyabrata@inkemaris.com Andri Hilary Museum Executive Ciputra Artpreneur T: +6221 29 889 889 andri.hillary@ciputra.co.id

Qissera el Thirfiarani Istituto Italiano di Cultura Jakarta T: +62 21 3927531/32, F: +62 21 310 1661 qissera@itacultjkt.or.id

Khusus bagi Anda anggota @IICJakarta, ada diskon spesial sebesar 10% .Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi Istituto Italiano di Cultura di Jakarta 021-3927531.

33 views0 comments

PARTNERS

TENTANG SEPUTAREVENT.COM
 
Seputar Event adalah media publikasi online yang berkaitan dengan event : informasi, tips, review, interview tokoh, komunitas, lowongan kerja dan berita-berita event lainnya.
 
Alamat: The Archade Permata Hijau, Jl Raya Pos Pengumben No 1 B, Jakarta, Indonesia | Email: redaksi@seputarevent.com | © 2014-2022

  • White Twitter Icon
  • White Instagram Icon
  • White Facebook Icon
  • White YouTube Icon
bottom of page