Menyongsong Pertunjukan Opera Kelas Dunia, La Traviata

Artikel & Foto: Isthi Rahayu

Bagi para pecinta opera, lakon La Traviata pastinya sudah tak asing lagi di telinga. Karya Giuseppe Verdi yang mengisahkan tentang cinta dan pengorbanan ini merupakan salah satu karya opera yang paling dicintai di dunia. La Traviata didasari pada novel karya Alexandre Dumas, yang berjudul La Damme aux Camelias yang diterbitkan pada tahun 1852. Kendati sudah lebih dari satu abad sejak pertama kali novel ini diterbitkan, namun lakon La Traviata masih sering dimainkan dalam opera-opera, bahkan kini diiterpretasikan ke dalam bermacam bentuk opera, mulai dari klasik hingga kontemporer. Apabila dulu Anda harus pergi ke luar negeri untuk menyaksikan pertunjukan ini, maka berkat kerja sama antara Istituto Italiano di Cultura Jakarta, Kedutaan Besar Italia di Jakarta, serta Ciputra Artpreneur, kini warga Indonesia khususnya Jakarta berkesempatan untuk menyaksikan opera kelas dunia ini. Pertunjukan yang akan menjadi momen langka dan sulit untuk ditemui kembali di Jakarta ini akan dibawakan oleh Artemis Danza, grup balet kenamaan asal Italia besutan Monica Casadei. Namun kisah La Traviata yang akan melibatkan tujuh orang penari ini akan berbeda dengan lakon serupa lainnya. Karena kali ini, Artemis Danza mengemas La Traviata melalui kombinasi antara tarian kontemporer dengan gerakan balet klasik yang tentunya diiringi dengan alunan opera khas Italia.

La Traviata sendiri diselenggarakan dalam rangka memperingati 65 tahun hubungan bilateral Italia dan Indonesia. “Indonesia dan Italia memiliki sejarah panjang dalam kerja sama bilateral, yang pada tahun 2015 merupakan peringatan ke-65 tahun hubungan ini. Pada peringatan tahun ini, kami berbahagia dapat mempertunjukan cuplikan dari kesenian dan kebudayaan italia melalui ‘Traviata.’ Pergelaran ini merupakan pertunjukan unik yang menyajikan kombinasi selaras antara tarian dan musik dengan seluruh produksi dan tema yang berasal dari Italia. Kami berharap, kami dapat berbagi rasa cinta kami terhadap seni dan budaya Italia dengan masyarakat Indonesia yang dikenal menujunjung tinggi nila-nilai kesenian,” ujar Michela Linda Magri selaku Direktur Istituto Italiano di Cultura Jakarta. Tak hanya menggelar pertunjukan opera ini saja, namun Istituto Italiano di Cultura Jakarta juga membuka kesempatan bagi sekolah tari yang ada di Indonesia untuk mengikuti master class yang akan diselenggarakan pada 15 Juni 2015 di Ciputra Artpreneur. Karena tak sekadar ingin memberikan hiburan yang berkualitas, Artemis Danza juga dikenal dengan tradisinya untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman artistiknya kepada para penari di seluruh dunia, yang dalam kesempatan ini adalah penari Indonesia. Program ini merupakan inti dari kunjungan mereka dengan maksud untuk memberikan pelatihan kepada para penari dan guru-guru tari yang ada di negara tuan rumah yang mengundang mereka. Hal tersebut sesuai dengan filosofi seni dari kelompok tari ini. Bagi Anda pecinta opera atau bagi Anda yang belum pernah menyaksikan pertunjukan opera dan penasaran ingin menyaksikan pertunjukan ini, maka pertujukan yang akan digelar pada 14 Juni 2015 di Ciputra Artpreneur ini wajib masuk dalam agenda Anda. Tiket seharga Rp250.000-Rp500.000 sudah dapat dipesan di www.kiostix.com. Bagi Anda yang sudah menjadi member Istituto Italiano di Cultura Jakarta, ada potongan harga spesial sebesar 10% bagi Anda. Untuk informasi lebih lanjut, bisa hubungi Istituto Italiano di Cultura Jakarta dengan nomer telpon 021-3927531/32.

Yuk, Saksikan La Traviata, Opera Kelas Dunia, Gratis! Kuis SE kembali lagi! Kami punya 2 tiket untuk 1 orang pemenang yang ingin menyaksikan pementasan La Traviata di Ciputra Artpreneur 14/6/15. Caranya mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pastikan kamu sudah follow akun Twitter @SeputarEvent & @IICJakarta

  2. Lalu like Fan Page Istituto Italiano di Cultura di Jakarta (https://www.facebook.com/itacultjkt?fref=ts) dan Seputar Event (https://www.facebook.com/seputar.event)

  3. Setelah itu, jawab pertanyaan ini: Kisah La Traviata mengangkat kisah cinta Violetta sang pelacur asal Perancis yang berlatar tahun 1700. Apa jadinya jika opera ini dibawakan oleh Artemiz Danza dengan konsep yang modern? Apakah tetap akan menarik? ungkapkan pendapat Anda.

  4. Jawab di kolom komentar, lalu akhiri dengan nama akun Twitter-mu

  5. Copy & paste kalimat ini di akun Twitter-mu: “Tonton pementasan ‪#‎LaTraviata‬ prsembahn @IICJakarta w/ @SeputarEvent on 14/6/15 @ Ciputra @Artpreneur for free. Klik http://goo.gl/1XOp4a 4 info”

Ketentuan:

  1. Kuis dimulai pada hari Rabu, 10 Juni 2015 dan ditutup pada hari Sabtu 13 Juni 2015 pukul 00.00 WIB.

  2. Para pemenang akan kami umumkan pada hari Sabtu 13 Juni 2015 pada pukul 10.00 WIB melalui akun Twitter, Facebook, juga website kami.

  3. Pemenang akan kami nilai melalui jawaban yang terbaik dan keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.

  4. Jadi, tunggu apa lagi? Ikuti kuisnya dan nikmati kemegahan opera kelas dunia persembahan Artemis Danza

#liputanmusik #anekapromo

ARTIKEL TERKAIT

PARTNERS

TENTANG SEPUTAREVENT.COM

 

SeputarEvent adalah media publikasi online yang dikelola oleh PT. Gama Linggatama mengenai semua hal yang berkaitan dengan event : informasi, tips, review, interview tokoh, komunitas, lowongan kerja dan berita-berita event lainnya.

 

Pemimpin Perusahaan: R. Haryoko | Penanggung Jawab: Lilik Setyorini | Redaktur Pelaksana: Yudika Nababan | Media Sosial:  Muh. Heri Suyono, Eunike Dorothea | Keuangan: Siti Masamah | Alamat: The Archade Permata Hijau, Jl Raya Pos Pengumben No 1 B, Jakarta, Indonesia | Kontak: email: redaksi@seputarevent.com WA: 0882-8972-6272 | © 2014-2020

  • White Twitter Icon
  • White Instagram Icon
  • White Facebook Icon
  • White YouTube Icon