Hits Pertama Band Kotak untuk Lagu Anak-Anak


Beberapa tahun belakangan ini, bisa dibilang dunia musik anak-anak di Indonesia berada dalam tahap yang mengkhawatirkan. Eksistensinya semakin lama semakin tergerus dan digantikan dengan lagu-lagu dewasa bertema cinta, atau lagu anak-anak yang sudah membicarakan tentang cinta dewasa. Materi tersebut tentunya dapat berpengaruh pada masa tumbuh kembang anak-anak yang masih dalam fase mengidentifikasi lingkungan sosialnya. Menanggapi fenomena ini, grup musik Kotak tergerak untuk membuat proyek musik terbaru yang mengusung hits “Jagalah Bumi.” Namun ada yang istimewa dengan hits terbaru mereka ini, karena lagu ini lahir berkat kerjasama antara Animonsta dengan Warner Music Indonesia selaku label yang menggawangi grup musik Kotak selama ini. Seputar Event berkesempatan untuk menghadiri press conference peluncuran hits ini, yang dilaksanakan di Javalot Cafe, Cowell Tower, pada Mei 2015. Animonsta sendiri merupakan rumah produksi asal Malaysia yang memproduksi serial animasi BoBoiBoy, yang juga ditayangkan di salah satu saluran TV swasta di Indonesia. BoBoiBoy bercerita tentang petualangan sekelompok anak dengan kekuatan super dalam melawan serangan alien yang berusaha merusak bumi. Lagu Jagalah Bumi dibawakan dengan lirik yang mudah dipahami, aman, dan sangat mendidik.

Kendati pesan moral yang diutamakan pada lagu ini adalah mengenai ajakan untuk menjaga lingkungan, sang produser Rina Novita ingin musikalitas Kotak tetap terdengar rock namun tetap easy listening mengingat para pendengarnya adalah anak-anak. “Kami menggunakan instrumen musik yang tidak terlalu rock dan keras namun nuansa rock yang dimiliki Kotak tak hilang,” tutur Chua, bassist Kotak. Menurut Rina Novita, anak-anak sudah tidak mempan lagi “dijejali” lagu dengan genre yang “itu-itu saja.” Perlu ada pembaruan namun yang terpenting adalah lirik yang disampaikan lebih ke arah yang positif. Itu yang menurutnya hampir punah di industri musik Indonesia sekarang ini. Lagu ini dimotori oleh pemain bass Padi, Rindra Risyanto Noor dan dibuat oleh Iksan Skuter. Novi langsung “klop” dengan Kotak sebagai eksekutor karena dirasa lagu ini menjadi lebih dinamis dan membuat anak-anak merasa bersemangat. Ajakan turut serta dalam proyek ini juga disambut baik oleh Kotak yang juga merasa miris dengan lagu anak-anak yang hampir punah di Indonesia. “Dulu sewaktu kecil kami dengarnya lagu Trio Kwek-kwek. Sekarang anak-anak tahunya lagu ‘Hamil Duluan.’ Tentu saja lagu seperti itu tidak baik untuk anak-anak,” tutur Tantri sang vokalis Kotak.

Tak hanya dari segi musikalitasnya saja yang menarik dari hits ini, penggarapan video klip nya pun terbilang unik. Tantri, Chua, dan Cela shooting dengan teknik green screen di Jakarta lalu setelah itu mereka “akan berkolaborasi dengan BoboiBoy dan Adu du,” dua tokoh utama dalam serial ini. Hits ini akan digunakan untuk menggantikan theme song BoBoiBoy sebelumnya. Ini bukan pertama kalinya bagi Novi untuk menggarap lagu untuk serial animasi. Sebelumnya, ia juga sukses bekerja sama dengan produksi animasi Malaysia, Upin & Ipin dengan mengusung grup musik Padi yang menyanyikan hits Sahabat Selamanya. Diharapkan lagu ini bisa mengulang kesuksesan hits Padi di serial Upin-Ipin, terlebih lagu ini juga akan dipasarkan melalui TV berlangganan Disney Asia. “Nantinya kami tak menutup kemungkinan untuk memproduksi lagu anak-anak lagi dan diharapkan dapat menjadi trigger bagi musisi lain untuk menciptakan lagu anak-anak. Hal ini diharapkan agar dapat membawa manfaat bagi anak-anak di Indonesia,” tutur tutur Toto Widoyo, Managing Director Warner Music Indonesia.

#anekaliputan #liputanproduk

ARTIKEL TERKAIT

PARTNERS

TENTANG SEPUTAREVENT.COM

 

SeputarEvent adalah media publikasi online yang dikelola oleh PT. Gama Linggatama mengenai semua hal yang berkaitan dengan event : informasi, tips, review, interview tokoh, komunitas, lowongan kerja dan berita-berita event lainnya.

 

Pemimpin Perusahaan: R. Haryoko | Penanggung Jawab: Lilik Setyorini | Redaktur Pelaksana: Yudika Nababan | Media Sosial:  Muh. Heri Suyono, Eunike Dorothea | Keuangan: Siti Masamah | Alamat: The Archade Permata Hijau, Jl Raya Pos Pengumben No 1 B, Jakarta, Indonesia | Kontak: email: redaksi@seputarevent.com WA: 0882-8972-6272 | © 2014-2020

  • White Twitter Icon
  • White Instagram Icon
  • White Facebook Icon
  • White YouTube Icon