Jepara Carnival 2015

Artikel: Isthi Rahayu | Foto: Yudika Nababan, Suhendi, Isthi Rahayu

Ketika kata carnival menjanjikan kesemarakkan suasana bagi siapapun yang mendengarnya, maka tak salah rasanya jika Tim Seputar Event tak sabar untuk menyaksikan Jepara Carnival 2015, yang masuk dalam rangkaian acara Festival Kartini 2015. Festival Kartini sendiri merupakan pesta rakyat wong Jepara yang digelar oleh pemda setempat guna memperingati hari kelahiran RA Kartini yang ke-136 dan hari jadi Jepara yang ke-466. Selama dua minggu penuh, masyarakat Jepara dihibur oleh 38 acara yang tak ayal mendatangkan kemeriahan tersendiri. Termasuk salah satu di antaranya, Jepara Carnival 2015.

Tepat pukul 15.00 WIB, sayup-sayup terdengar gemuruh musik dari Jln. Kartini, tempat diselenggarakannya Jepara Carnival. Seakan tak ingin ketinggalan kemeriahan yang ada, tim Seputar Event pun bergegas menuju Tugu Kartini dan berbaur dengan ribuan pasang mata lainnya guna menyaksikan kemeriahan yang ada. Di tengah teriknya bumi Kartini sore itu, para pengunjung yang menyesaki tepian Jln. Pemuda dihibur oleh penampilan grup marching band Caraka Bahana Sisya dari SMP Negeri Jepara. Mayoret nan cantik memimpin pasukan marching band-nya melantunkan Mars Jepara yang membangkitkan semangat siapun yang mendengarkannya.

Setelah pasukan marching band berlalu, Jepara Carnival 2015 pun resmi dilangsungkan dengan diawali oleh penampilan para peserta lomba Jepara Fashion PAUD & TK yang pelaksanaannya diselenggarakan pada 14 April 2015 di SMKN 2 Jepara. Puluhan anak PAUD dan TK berlenggak lenggok melakukan parade dari Tugu Kartini hingga depan DPRD Jepara sembari menyunggingkan senyuman termanis mereka. Setelah itu, sebanyak 12 penari perempuan berbusana hitam yang dipadukan dengan kain batik khas Jepara pun berjalan menuju podium dan mempersembahkan tarian nan gemulai kepada Bupati Jepara, KH. Ahmad Marzuqi SE beserta ibu dan Wakil Bupati Jepara, Drs. H. Subroto, SE, MM, beserta ibu dan jajaran tamu kehormatan lainnya. Seusai persembahan tarian, parade sekitar 80 busana carnival yang menonjolkan keindahan kain tenun troso dan batik khas Jepara pun satu-persatu diperagakan oleh pemuda-pemudi Jepara yang cantik dan tampan. Busana-busana tersebut mewakili beberapa sekolah, instansi pemerintah, dan swasta. Di antara busana-busana tersebut, terdapat 15 busana terbaik peserta fashion week dari masing-masing kategori.

Adalah Indriya Mustika, yang menjadi penganggung jawab pelaksanaan Jepara Carnival 2015 ini. Kegiatan yang baru pertama kalinya dilaksanakan di Jepara tersebut merupakan salah satu bentuk menarik perhatian warga jepara dan wisatawan dari luar kota, untuk melihat hasil kreasi unik, indah, dan fantastis yang terbuat dari batik Jepara dan tenun troso. Satu jam berlalu. Saat busana terakhir dipersembahkan, Jepara Carnival 2015 pun resmi ditutup. Dengan diselenggarakannya Jepara Carnival 2015 ini, diharapkan masyarakat Jepara dan wisatawan yang hadir dapat mengenal lebih dekat kekayaan seni dan budaya yang dimiliki oleh Jepara, yaitu batik dan tenunnya. Terima kasih pemda Jepara karena sudah menyelenggarakan acara nan meriah ini. Ditunggu penyelenggaraannya kembali tahun depan.

#anekaliputan #liputansenibudaya

ARTIKEL TERKAIT

PARTNERS

TENTANG SEPUTAREVENT.COM

 

SeputarEvent adalah media publikasi online yang dikelola oleh PT. Gama Linggatama mengenai semua hal yang berkaitan dengan event : informasi, tips, review, interview tokoh, komunitas, lowongan kerja dan berita-berita event lainnya.

 

Pemimpin Perusahaan: R. Haryoko | Penanggung Jawab: Lilik Setyorini | Redaktur Pelaksana: Yudika Nababan | Media Sosial:  Muh. Heri Suyono, Eunike Dorothea | Keuangan: Siti Masamah | Alamat: The Archade Permata Hijau, Jl Raya Pos Pengumben No 1 B, Jakarta, Indonesia | Kontak: email: redaksi@seputarevent.com WA: 0882-8972-6272 | © 2014-2020

  • White Twitter Icon
  • White Instagram Icon
  • White Facebook Icon
  • White YouTube Icon