Resepsi Hari Kartini ke-136

Artikel: Isthi Rahayu | Foto: Yudika Nababan & Suhendi

Pagi itu, ratusan wanita cantik berbalut kebaya dan jarit tampak memenuhi Pendopo Kabupaten Jepara yang terletak di sisi Kantor Bupati Jepara. “Kartini-kartini modern” yang terdiri dari pejabat Camat, Kepala Badan, serta beberapa Pejabat Eselon III Kabupaten Jepara tersebut tampak semringah, menyambut pelaksanaan Resepsi Hari Kartini ke-136 yang menjadi puncak peringatan Hari Kartini ke-136. Acara hari itu dibuka oleh penampilan pantomim dan tari-tarian yang menundang decak kagum para undangan yang hadir. Tak lama kemudian, resepsi yang juga dihadiri oleh Bupati Jepara, K.H. Ahmad Marzuqi berserta ibu dan Jajaran Forkopinda beserta ibu pun dimulai. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh K.H. Ahmad Marzuqi, para peserta lalu diajak untuk menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini dan Mars Jepara. Acara dilanjutkan dengan pembacaan laporan Ketua Panitia Resepsi Hari Kartini ke-136, Hj. Yunita Juneadi yang diteruskan oleh pembacaan riwayat singkat Kartini oleh Hj. Sulastri Sutijo. Dan acara pun menjadi semakin meriah namun syahdu ketika masuk ke acara selanjutnya, yaitu acara hiburan dari penampilan para juara lomba Festival Kartini 2015 juga penampilan dari para siswa SDLB yang menampilkan kebolehannya. Momen ini menunjukkan, para siswa yang memiliki keterbatasan pun dapat berkarya, sama bagusnya dengan siswa yang hidup dalam keadaan normal. Ketika waktu beranjak siang, acara pun dilanjutkan dengan kata sambutan yang disampaikan oleh K.H. Ahmad Marzuqi. Pada momen ini, beliau menyampaikan penghargaan pribadinya terhadap sosok Ibu Kartini yang dinilainya luar biasa. Tak hanya menguasai ilmu keduniawian, pada masanya Ibu Kartini juga sangat taat pada agamanya, yang salah satu implementasinya adalah menerjemahkan Alquran ke dalam bentuk Arab Pegon sehingga semakin banyak ”saudari-saudari” yang dapat menyesapi ayat-ayat Alquran.

Selanjutnya, sebagai acara puncak, dilaksanakan penyerahan hadiah lomba Festival Kartini ke-136 secara simbolis yang terdiri dari beragam lomba, semisal lomba bercerita Guru SD, lomba pidato bahasa jawa. Lomba menari klasik, lomba mewiru, lomba pantomim, lomba mewarnai gambar ukir, lomba keluwesan putri Kartini, dan lain-lain. Acara ditutup dengan ramah tamah sembari dihibur oleh penampilan siswa-siswa SDLB dan mocopat.

#anekaliputan #liputansenibudaya

ARTIKEL TERKAIT

PARTNERS

TENTANG SEPUTAREVENT.COM

 

SeputarEvent adalah media publikasi online yang dikelola oleh PT. Gama Linggatama mengenai semua hal yang berkaitan dengan event : informasi, tips, review, interview tokoh, komunitas, lowongan kerja dan berita-berita event lainnya.

 

Pemimpin Perusahaan: R. Haryoko | Penanggung Jawab: Lilik Setyorini | Redaktur Pelaksana: Yudika Nababan | Media Sosial:  Muh. Heri Suyono, Eunike Dorothea | Keuangan: Siti Masamah | Alamat: The Archade Permata Hijau, Jl Raya Pos Pengumben No 1 B, Jakarta, Indonesia | Kontak: email: redaksi@seputarevent.com WA: 0882-8972-6272 | © 2014-2020

  • White Twitter Icon
  • White Instagram Icon
  • White Facebook Icon
  • White YouTube Icon