Localfest 3.0 Urban Creative Festival

Artikel & Foto: Isthi Rahayu

Sektor ekonomi kreatif kini sedang digandrungi oleh banyak orang di Indonesia, tak ketinggalan oleh kaum mudanya. Hal inilah yang coba diangkat oleh Local.co.id, sebuah gerakan bisnis yang bertujuan untuk memberdayakan potensi lokal muda melalui media informasi dan teknologi yang terintegrasi, semisal creative exhibition, music performance, short film screening, talk show, fashion, dan culinary. Hari Jumat, 10 April 2015, reporter Seputar Event berkesempatan untuk menghabiskan sore di LocalFest 3.0 dan menyaksikan beragam buah kreativitas yang ditawarkan oleh para entrepeneur-entrepeneur muda lokal. Penampilan Animalism, sebuah band pop elektronik yang terkenal dengan single-nya “Get Lost” menyambut kedatangan reporter Seputar Event di venue. Tak lama setelah lagu terakhir dibawakan, petualangan reporter Seputar Event dalam mengunjungi satu persatu booth yang telah dikurasi dengan baik oleh tim Local.co.id pun dimulai. Secara keseluruhan terdapat lebih dari 130 booth yang memenuhi The Space, Senayan City, sebagai tempat diselenggarakannya LocalFest.co.id 3.0. Beragam produk ditawarkan pada urban creative festival kali ini, mulai dari fesyen, home decor, dan yang pastinya mengundang penasaran banyak orang: kuliner. Fesyen yang disuguhkan di sini juga tak mengenal batasan usia maupun gender, karena pada kesempatan ini para pengunjung dapat menemukan produk fesyen untuk laki-laki maupun perempuan dan juga produk busana mulai dari bayi hingga dewasa. Untuk home decor sendiri, para pengunjung juga diberikan beragam pilihan yang pastinya mengutamakan kreativitas para produsennya. Cushion-cushion cantik, hiasan dinding, hingga cover ponsel, semuanya dapat ditemui dengan corak khas yang mungkin sulit untuk ditemukan di pasaran pada umumnya.

Seperti Osem misalnya, salah satu tenant yang menyajikan kerajinan berbahan dasar jumputan yang dikemas menjadi beragam bentuk unik dan menarik semisal cushion, tote bag, kemeja, dan lain-lain. “Semua kami kerjakan sendiri,” ujar Mayu selaku salah satu founder Osem. “Mulai dari mendesain, menjumput, semuanya hand made dan kami kerjakan di sela-sela kesibukan saya beserta empat orang teman lainnya,” tambahnya. Label yang sudah dua kali berpartisipasi pada LocalFest.co.id ini mengungkapkan jika keikutsertaan Osem pada LocalFest.co.id dirasa sesuai dengan karakter barang-barang Osem karena segmentasinya sudah pas.

Sepintas memang lebih mudah dan “menguntungkan” jika menyuguhkan brand-brand yang sudah dikenal luas di pasaran. Namun tak demikian hal nya dengan idealisme Local.co.id yang coba dipertahankan selama ini. “Visi Local.co.id memang ingin empowering local talent di industri kreatif,” ujar Sayed Muhammad selaku Founder & CEO Local.co.id. “Kami melihat ada banyak entrepeneur muda yang baru lulus atau bahkan masih mengenyam bangku kuliah yang sudah bisa menciptakan produk dengan kualitas yang baik. Namun mereka memiliki kesulitan untuk memperkenalkan produknya ke masyarakat luas. Di sinilah peran kami, berusaha untuk memfasilitasi mereka agar dikenal oleh masyarakat luas,” tambah Sayed Muhammad. “Potensi pengusaha muda kreatif di Indonesia sangat besar,” ujar Sayed. “Karena harus diakui jika di Indonesia jumlah entrepeneur masih tak terlampau banyak. Diharapkan, entrepeneur-enrepeneur muda inilah yang nantinya akan mendongkrak perekonomian Indonesia. Saat ini mereka terus bermunculan dan semangat itulah yang kita butuhkan,” papar Sayed. “Yang dibutuhkan dari seorang entrepeneur adalah kegigihan, konsisten, dan tak pernah menyerah. Ketika mereka baru me-launching produk dan belum berjalan lancar di awal, diharapkan mereka tak pernah menyerah dan selalu melakukan inovasi sehingga produk kita menjadi laris,” pungkas Sayed ketika ditanya apa tips dan trick yang bisa dijalani oleh para pengusaha muda agar dapat bertahan dan maju di industri kreatif ini.

#anekaliputan #liputanpameranprodukbazaar

ARTIKEL TERKAIT

PARTNERS

TENTANG SEPUTAREVENT.COM

 

SeputarEvent adalah media publikasi online yang dikelola oleh PT. Gama Linggatama mengenai semua hal yang berkaitan dengan event : informasi, tips, review, interview tokoh, komunitas, lowongan kerja dan berita-berita event lainnya.

 

Pemimpin Perusahaan: R. Haryoko | Penanggung Jawab: Lilik Setyorini | Redaktur Pelaksana: Yudika Nababan | Media Sosial:  Muh. Heri Suyono, Eunike Dorothea | Keuangan: Siti Masamah | Alamat: The Archade Permata Hijau, Jl Raya Pos Pengumben No 1 B, Jakarta, Indonesia | Kontak: email: redaksi@seputarevent.com WA: 0882-8972-6272 | © 2014-2020

  • White Twitter Icon
  • White Instagram Icon
  • White Facebook Icon
  • White YouTube Icon