top of page

Accounting Fair 2015 Universitas Bakrie

Artikel & Foto: Akbar Keimas Alfareza

Setelah sukses dengan Accounting Fair 2014, kini di tahun 2015 Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Bakrie (HMA-UB) kembali dengan bangga menyelenggarakan Accounting Fair Universitas Bakrie 2015 (AFUB 2015). AFUB 2015 merupakan kegiatan tahunan HMA-UB yang merupakan program kerja Departemen Akademik dan Penalaran. AFUB telah dilaksanakan mulai tahun 2011 dan tahun ini merupakan tahun penyelenggaraannya yang kelima. AFUB 2015 terdiri dari empat rangkaian kegiatan, antara lain Accounting Championship tingkat Universitas/STIE (A-Champ Universitas), Accounting Championship tingkat SMA/SMK (A-Champ SMA), Accounting Essay (A-Say) dan National Accounting Seminar (NAS) dengan mengusung tema "The Adoption of International Financial Accounting Standard Among The Countries in Southeast Asia to Face ASEAN Economic Community (AEC) 2015".

A-Champ Universitas merupakan kompetisi akuntansi yang diperuntukkan bagi mahasiswa fakultas ekonomi atau Program Studi Akuntansi se-Indonesia. Pada tahun ini, A-Champ Universitas terdiri dari dua rangkaian kegiatan, yaitu Preliminary Online dan Main Competition. Setiap universitas maksimal mengirimkan dua tim untuk mengikuti A-Champ Universitas. Preliminary Online dilaksanakan pada 21 Februari 2015 dengan tujuan menyaring 20 besar peserta terbaik dari seluruh Indonesia untuk berkompetisi di Main Competition pada tanggal 12 & 13 Maret 2015 di Universitas Bakrie, Jakarta. Pada babak Preliminary Online, calon peserta dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp75.000 dan peserta yang lolos ke tahap Main Competition dikenakan biaya registrasi ulang sebesar Rp400.000. Selain A-Champ Universitas, diselenggarakan juga A-Champ SMA yang diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA/SMK se-Jabodetabek. A-Champ SMA akan dilaksanakan di Universitas Bakrie pada 11-13 Maret 2015 dengan biaya pendaftaran sebesar Rp300.000/tim. Setiap sekolah maksimal mengirimkan dua tim untuk berkompetisi di A-Champ SMA.

Rangkaian selanjutnya adalah Accounting Essay (A-Say). A-Say adalah kompetisi untuk menguji wawasan dan kemampuan menulis mahasiswa mengenai isu akuntansi terkini. Dengan mengusung tema yang sama dengan tema utama AFUB 2015, A-Say dilaksanakan pada 13 Maret 2015. Karya essay para peserta diseleksi terlebih dahulu mulai tanggal 15 Februari 2015 dan lima besar peserta dengan essay terbaik berangkat ke Jakarta untuk mempresentasikan esainya di babak final A-Say di Universitas Bakrie. Calon peserta akan dikenakan biaya Rp100.000 untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Selain A-Champ Universitas dan A-Say, AFUB 2015 juga menyelenggarakan National Accounting Seminar (NAS) yang merupakan rangkaian seminar dan talkshow yang akan membahas isu-isu akuntansi aktual di Indonesia. NAS diperuntukkan bagi mahasiswa/i fakultas ekonomi atau program studi Akuntansi se-Indonesia dan masyarakat umum. Tema NAS tahun ini adalah "The Adoption of International Financial Accounting Standard among The Countries in Southeast Asia to Face ASEAN Economic Community (AEC) 2015." NAS sendiri dilaksanakan pada 14 Maret 2015.

21 views0 comments
bottom of page