top of page

Doraemon 100 Secret Gadgets Expo

Artikel & Foto: isthi Rahayu

“Aku ingin begini Aku ingin begitu Ingin ini ingin itu banyak sekali...” Pernah mendengar lagu itu? Tak hanya anak-anak berusia belia, Anda yang berasal dari generasi 90-an pun pastinya tak asing dengan lagu tersebut. Ya, lirik tersebut merupakan sepenggal soundtrack film kartun karya Fujiko F. Fujio, Doraemon. Banyak di antara kita yang “dibesarkan” dengan film kartun yang pertama kali diciptakan pada akhir tahun 60-an itu. Setiap minggu tak pernah alpa menyaksikan kartun yang diputar pada pagi hari di salah satu stasiun TV swasta tersebut dan terhibur dengan tingkah pola Doraemon, Nobita dan teman-temannya. Maka tak heran, jika kehadiran Doraemon sangat melekat di hati masyarakat Indonesia, tak hanya anak-anak, namun juga remaja bahkan orang tua. Pada hari Minggu, 1 Maret 2015, reporter Seputar Event seakan mengendarai mesin waktu ke masa kanak-kanak untuk menemui tokoh kartun idola: Doraemon. Dan yang teristimewa, Doraemon yang akan ditemui tak hanya satu, namun 100! Ya, siang itu reporter Seputar Event berkesempatan untuk mengunjungi Doraemon 100 Secret Gadgets Expo yang diselenggarakan di Ancol Beach City Mall, Jakarta Utara.

Kendati pada saat berkunjung expo sudah berlangsung selama hampir tiga bulan, namun toh animo masyarakat yang hendak menyaksikan patung-patung robot berbentuk kucing dari masa depan tersebut masih sangatlah besar. Antrean yang mengular masih mewarnai pemandangan pintu masuk expo yang terletak di lantai dua Ancol Beach City Mall tersebut. Setelah menunggu selama beberapa saat, akhirnya tiba giliran reporter Seputar Event untuk memasuki area expo yang sudah dijejali oleh para pengunjung.

Tak jauh dari pintu masuk, para pengunjung diperkenalkan dengan sejarah Doraemon. Tahukah Anda, jika dahulu Doraemon itu berwarna kuning dan memiliki telinga? Pada area ini, para pengunjung dapat membaca sejarah hingga Doraemon tidak memiliki telinga, berwarna biru, dan bersuara serak. Beranjak ke area selanjutnya, para pengunjung diajak mengendarai mesin waktu bersama Doraemon hingga akhirnya para pengunjung dapat menyaksikan 100 buah patung Doraemon dengan secret gadget nya. Ya, ke-100 patung setinggi kurang lebih 150 centimeter ini mengenakan berbagai kostum serta dilengkapi dengan beragam gadget. Semua pecinta film kartun Doraemon pasti ingin tahu, dengan siapa Nobita akan menikah nantinya. Jangan khawatir, pada expo ini, Anda akan mengetahui dengan siapa ia akan menikah kelak: Shizuka! Ya, setelah puas memandangi 100 patung Doraemon, para pengunjung pun “diundang” ke pesta pernikahan Nobita dan Shizuka. Lengkap dengan kue pengantin dan bangku seperti layaknya di sebuah gereja.

Dan untuk menambah keceriaan, para pengunjung pun dapat berfoto pada diorama kehidupan keluarga Nobita dan Doraemon. Sebut saja berfoto pada laci yang dapat menghubungkan Doraemon dan Nobita pada mesin waktu ataupun pada diorama yang menceritakan adegan dimana Nobita dipertemukan dengan neneknya yang sudah meninggal dengan mesin waktu. Selain itu, masih ada banyak diorama lain yang tak ayal menjadi sarana selfie bagi para pengunjung yang memadati expo tersebut.

Pastinya, perjalanan reporter Seputar Event menyusuri kenangan masa kecil di siang itu sangatlah menyenangkan. Setelah 100 hari digelar, akhirnya Doraemon 100 Secret Gadget pun resmi ditutup pada 8 Maret 2015. Semoga, Doraemon akan hadir lagi di Indonesia. Ja mata kondo!

23 views0 comments
bottom of page