BACKSTAGERS ReGroup#2: Ajang Kumpul Pekerja Kreatif di Balik Panggung

Artikel & foto: Yudika Nababan

Penghujung tahun tampaknya selalu identik dengan hujan yang turun tiada henti. Begitu juga pada hari Jumat, 19 Desember 2014, dimana hampir seharian Jakarta disapa dengan gerimis hingga hujan lebat yang tak ayal mengundang kemacetan di beberapa titik. Demi mengejar event BACKSTAGERS" ReGroup#2, yang menjadi ajang diskusi dan sharing para profesional pelaku industri event dan marketing communication, tim seputarevent.com pun tak ragu untuk membelah hujan dengan menumpang ojek demi tiba tepat waktu dan terhindar dari kemacetan. Tampaknya menumpang ojek adalah pilihan yang tepat. Karena tim seputarevent.com tiba di lokasi acara beberapa menit sebelum pukul 19.00, sesuai dengan waktu registrasi yang diinformasikan pada undangan acara. Hujan yang disertai dengan macet biasanya akan membuat para undangan terlambat hadir. Namun tidak demikian halnya dengan event BACKSTAGERS" ReGroup#2, karena Yesterday Lounge-Jakarta Selatan, yang malam itu dijadikan tempat berkumpulnya para pekerja kreatif di belakang layar panggung sudah penuh sesak, bahkan sebelum acara dimulai. Gelak tawa dan ramainya obrolan bahkan sudah terdengar dari seberang jalan. Luar biasa!

Seputarevent.com berjalan melewati jajaran kursi yang dipenuhi oleh tamu yang tengah berbincang dan bercanda akrab. Dengan ditemani seorang panitia, seputarevent.com pun menuju pendopo yang letaknya sedikit jauh ke dalam area Yesterday Lounge. Di sanalah jajaran pengurus BACKSTAGERS berkumpul, duduk melingkari meja, dan asyik berdiskusi seputar penyelenggaraan event. Mengingat acara sudah akan dimulai, seputarevent.com segera menyiapkan kamera, smartphone dan koneksi internet untuk live tweet guna memberikan informasi terkini bagi para follower seputarevent.com di @SeputarEvent.

Tepat pada pukul 20.00, diskusi yang terjadi di masing-masing meja pun usai tatkala panitia mengingatkan jika acara segera dimulai. Lalu acara pun dibuka dengan momen yang mengharukan, yaitu dikumandangkannya lagu Indonesia Raya yang juga merupakan salah satu wujud kebanggaan anak bangsa yang telah berkarya bagi negara. Acara pun mengalir, mulai dari hiburan perkusi, grup band, dancer, penyanyi, dan juga stand up comedy yang tak ayal membuat malam itu semakin meriah. Mereka yang tampil malam itu di antaranya Rizky D'Keizer, Tiket Band, SEURIUS BAND, Rutikiju Band, Aditya, dan Bunga Band.

Selain penampilan beberapa insan seni yang menyajikan beragam hiburan, malam itu juga dilaksanakan penyerahan apresiasi bagi beberapa penggagas dan donatur BACKSTAGERS. Selain penyerahan apresiasi, juga diserahkan donasi bagi dua orang anggota BACKSTAGERS yang tengah berduka, yaitu keluarga alm. Mas Ipung dan keluarga alm. Mas Erry Armawan, juga tak lupa untuk korban bencana Banjarnegara sebagai bentuk kepedulian sosial BACKSTAGERS.

Tetapi disamping kemeriahan acara malam itu, sebenarnya apa tujuan diselenggarakannya event BACKSTAGERS? Untuk menjawab penasaran tim seputarevent.com, akhirnya kami memutuskan untuk “menculik” dan menggali informasi dari penggagas BACKSTAGERS guna mencari tahu latar belakang diselenggarakannya acara ini.

"Awalnya adalah karena kami sering bertemu. Saya sering bekerja sama dengan Mas AntoNovos, penggagas pertama BACSTAGERS, dalam proyek-proyek activation, bellow the line (BTL) atau penyelenggaraan acara lainnya" ujar Arianti Manoppo selaku Chief Operating Officer di Flash Communication atau yang lebih sering dipanggil Mbak Anti. "Walaupun yang hadir saat ini terdiri dari berbagai event organizer kecil atau besar, activation agency, talent management, production dan lain-lain yang sehari-harinya lebih banyak berkompetisi satu sama lain, namun kami ingin di luar jam-jam kerja bisa tetap berkumpul dengan akrab, berbagi ilmu, dan memiliki kepedulian di antara kami yang bekerja di belakang panggung atau back stage ini," lanjut Mbak Anti. "Kala itu Mas Anto (AntoNovos atau Krisnanto Sutrisman) memiliki ide untuk membuat sebuah wadah kumpul-kumpul. Saya yang sudah sejak lama mengenal Mas Anto sangat menyetujui idenya tersebut. Kami terpikir untuk mengawalinya dengan sebuah komunitas karena kami yang sekarang hadir memiliki kesamaan profesi, lingkup bisnis, dan passion. Kami tidak memiliki harapan-harapan muluk melalui acara ini. Kami hanya ingin menjadikan acara ini sebagai ajang silaturahmi, sehingga kita semua bisa saling kenal dan membangun jejaring salah satunya dengan bertukar kartu nama,” ungkap Mas Awil dari Trastas ketika diwawancarai oleh seputarevent.com.

“Saya sangat surprise karena ternyata yang hadir malam ini sangatlah banyak. Tak hanya dari Jakarta, namun juga beberapa vendor dari luar kota. Hal ini membuat kami tambah bersemangat dan membersitkan harapan agar komunitas ini dapat memberikan manfaat yang lebih banyak lagi. Tak hanya untuk kami, namun juga untuk masyarakat luas khususnya generasi muda yang akan melanjutkan pekerjaan kami,” ujar Mas Anto. “Kami juga berterima kasih kepada seputarevent.com karena sudah berkenan hadir untuk meliput kendati event ini bukanlah sekadar event party ataupun dugem. Kedepannya, kami memiliki tujuan besar di antaranya membangun sebuah asosiasi atau menyelenggarakan roadshow edukasi ke kampus-kampus yang diawali dengan berkumpul dan mulai berbuat hal yang sederhana,” lanjut Mas Anto kepada tim seputarevent.com yang pada malam itu juga didampingi oleh Managing Director seputarevent.com, Lilik Setyorini.

Wawancara singkat dengan Mbak Anti, Mas Awil dan Mas Anto semakin mempertegas gambaran visi dan misi komunitas ini. Banyak harapan disematkan dengan antusias dan harapan itu sudah diawali dengan ajang kumpul bareng BACKSTAGERS ReGroup#2. VIVA BACKSTAGERS!

#anekaliputan #liputankomunitas

ARTIKEL TERKAIT

PARTNERS

TENTANG SEPUTAREVENT.COM

 

SeputarEvent adalah media publikasi online yang dikelola oleh PT. Gama Linggatama mengenai semua hal yang berkaitan dengan event : informasi, tips, review, interview tokoh, komunitas, lowongan kerja dan berita-berita event lainnya.

 

Pemimpin Perusahaan: R. Haryoko | Penanggung Jawab: Lilik Setyorini | Redaktur Pelaksana: Yudika Nababan | Media Sosial:  Muh. Heri Suyono, Eunike Dorothea | Keuangan: Siti Masamah | Alamat: The Archade Permata Hijau, Jl Raya Pos Pengumben No 1 B, Jakarta, Indonesia | Kontak: email: redaksi@seputarevent.com WA: 0882-8972-6272 | © 2014-2020

  • White Twitter Icon
  • White Instagram Icon
  • White Facebook Icon
  • White YouTube Icon