Tim Ekskursi IMA FTUI Angkat Arsitektur Tradisional Orang Rimba

Artikel & foto: Eko Rahmanto

Menjelang tutup tahun, sangatlah bijak jika kita bertanya: sudah seberapa jauh kita mengenal Indonesia hingga saat ini? Mungkin kita sudah cukup mengenal wisata, makanan, pakaian bahkan tarian khas Indonesia yang terdiri dari berbagai macam latar budaya. Namun bagaimana dengan arsitektur atau rumah-rumah khas Indonesia? Kekayaan budaya Indonesia tak sebatas pada pakaian, makanan, tarian, musik dan keseharian masyarakat semata, namun juga arsitekturnya. Inilah yang coba diangkat oleh Tim Ekskursi Arsitektur UI 2014 dari Ikatan Mahasiswa Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Indonesia (IMA FTUI) dalam pameran Ekskursi Bukit 12. Pada event ini mereka mencoba mengangkat kekayaan arsitektur Orang Rimba (Suku Anak Dalam) Jambi.

Dalam pameran yang diselenggarakan di Galeri Hadiprana, Kemang, Jakarta Selatan pada 18-21 Desember 2014, Tim Ekskursi Arsitektur IMA FTUI mencoba menjabarkan bentuk dan fungsi dari setiap jenis rumah yang dibangun Orang Rimba hasil penelitian mereka di Bukit Dua Belas, Jambi, sebelumnya. Dari sini diketahui bahwa Orang Rimba membangun beberapa jenis rumah sesuai fungsinya. Ada Rumah Godong yang dibangun jika sedang menetap dan membuka ladang, Rumah Di Tanoh yang digunakan untuk ritual, Belalapion yang digunakan untuk tempat beristirahat sementara saat Orang Rimba berburu, dan lain sebagainya.

Yang menarik, di pameran ini juga disajikan miniatur tiap jenis rumah yang dibuat semirip mungkin. Hal ini tentu saja memberikan gambaran yang jelas tidak hanya tentang bangunannya, tapi juga kehidupan Orang Rimba. Seorang pemandu juga disiapkan guna menjelaskan dengan rinci tiap-tiap bangunan, bahkan kisah unik selama perjalanan. Tidak hanya pameran, penelitian tim Ekskursi IMA FTUI juga dituangkan dalam sebuah buku berjudul "Rimba: Menapak Jenggala." Selain itu hasil penelitian dari perjalanan juga dipresentasikan di depan pemuda internasional pada International Seminar on Vernacular Settlements-7 di Istanbul Teknik Universitesi, Turki, Oktober 2014. Kegiatan penjelajahan dan penelitian ini merupakan agenda rutin Tim Ekskursi IMA FTUI tiap tahunnya. Sebelumnya mereka pernah berpetualang ke Wakatobi, Mentawai, Alor, Sumba, Banjar, Bali, Trowulan, dan lain-lain. Sangat menarik untuk dinanti arsitektur mana lagi yang akan digali tim ini di ekspedisi tahun depan.

#anekaliputan #liputankampussekolah #liputansenibudaya

ARTIKEL TERKAIT

PARTNERS

TENTANG SEPUTAREVENT.COM

 

SeputarEvent adalah media publikasi online yang dikelola oleh PT. Gama Linggatama mengenai semua hal yang berkaitan dengan event : informasi, tips, review, interview tokoh, komunitas, lowongan kerja dan berita-berita event lainnya.

 

Pemimpin Perusahaan: R. Haryoko | Penanggung Jawab: Lilik Setyorini | Redaktur Pelaksana: Yudika Nababan | Media Sosial:  Muh. Heri Suyono, Eunike Dorothea | Keuangan: Siti Masamah | Alamat: The Archade Permata Hijau, Jl Raya Pos Pengumben No 1 B, Jakarta, Indonesia | Kontak: email: redaksi@seputarevent.com WA: 0882-8972-6272 | © 2014-2020

  • White Twitter Icon
  • White Instagram Icon
  • White Facebook Icon
  • White YouTube Icon