top of page

Tourism Networking and Career Development Expo

Artikel & foto: Akbar Keimas Alfareza

Jumlah pengangguran di Indonesia saat ini memang terbilang masih sangat tinggi meskipun mengalami penurunan angka dibandingkan tahun lalu. Badan Pusat Statistik (BPS) merilis angka pengangguran per Februari 2104, dimana tingkat pengangguran terbuka tercatat sebesar 5,7% atau sekitar 7,15 juta jiwa. Angka tersebut turun dibandingkan pada bulan Agustus 2013 yang mencapai angka 6,17% (7,41 juta jiwa). Tingginya jumlah pengangguran saat ini disebabkan oleh beberapa faktor, selain memang kesempatan kerja yang sangat terbatas, namun saat ini banyak perusahaan yang tidak mengumumkan lowongan secara terbuka di media massa. Hal ini menyebabkan para pencari kerja kesulitan mencari informasi, dan sebaliknya banyak perusahaan yang tidak memiliki data base pencari kerja yang mumpuni untuk posisi yang mereka tawarkan. Untuk mengatasi masalah tersebut, ikatan mahasiswa Vokasi Pariwisata Universitas Indonesia yang tergabung dalam program diploma Business Event tergerak untuk menggelar event bursa pencarian kerja yang bertajuk TORNADO “Tourism Networking and Career Development Expo.” Keunikan dari ajang ini adalah diselenggarakannya rangkaian acara pendukung seperti seminar/talk show, standup comedy, dan food festival.

Tourism Networking and Career Development Expo (4).JPG

Tujuan diselenggarakannya TORNADO adalah untuk mengenalkan dunia industri jasa pariwisata (Travel, Hotel dan khususnya industri MICE & Events) kepada masyarakat luas. Lebih dari itu, ajang ini juga sebagai bentuk apresiasi mahasiswa kepada masyarakat umum yang ingin mencari pekerjaan serta menghasilkan SDM yang berkualitas dalam menghadapi Asean Economic Community. Ajang TORNADO ini dihelat selama dua hari, yaitu pada tanggal 11 dan 12 Desember 2014 di Pusat Studi Jepang FIB UI. Puluhan perusahaan besar dari dalam dan luar negeri turut berpartisipasi dalam ajang TORNADO ini, sebut saja PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Ismaya Group, Lion Air Group, PT Dyandra Promosindo Group, PT Mediatama Kreasi, Kartika Chandra Hotel serta beberapa perusahaan besar lainnya yang bergerak di bidang industri pariwisata, hotel, travel dan event organizer. TORNADO juga menggelar talk show bagi para pencari kerja yang dibagi ke dalam tiga segmen, yaitu public speaking, eventpreneurship, dan persiapan SDM dalam menghadapi Asean Free Trade Agreement (AFTA). Talk show ini bertujuan untuk memberikan pembekalan serta motivasi kepada para pencari kerja untuk menjadi seorang tenaga kerja yang professional, pembekalan dalam berbagai bidang, serta pembekalan untuk menjadi tenaga kerja yang berkompeten.

Dalam talk show tersebut, TORNADO menghadirkan para nara sumber yang sudah sangat mahir di bidangnya. Di antaranya adalah Becky Tumewu dan Riko Anggara mewakili public speaker, Suryopratomo Direktur Pemberitaan Metro TV mewakili Industri Media, Charles Bonar Sirait mewakili public speaker yang memiliki sekolah khusus public speaking, Dewi Gonta mewakili Java Festival Production, Rhenald Kasali mewakili pakar bidang ekonomi dan masih banyak lagi nara sumber lainnya. Dari acara seminar ini diharapkan para pencari kerja mendapatkan pembekalan, masukan serta motivasi diri dalam hal dunia kerja.

Tourism Networking and Career Development Expo (3).JPG
26 views0 comments
bottom of page