Jakarta Komik Festival: Memulai Cerita dengan Sejuta Harapan Baru

Artikel & foto: Akbar Keimas Alfareza

Kabar gembira bagi penikmat dan pelaku industri komik Indonesia, khususnya di Jakarta. Pasalnya, Jakarta dipilih sebagai tempat untuk menutup rangkaian pesta komik tanah air tahun ini melalui gelaran Jakarta Komik Festival (JKF). Acara ini diselenggarakan oleh Program Studi Animasi Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta, pada 5-7 Desember 2014 sebagai bentuk apresiasi terhadap media visual kreatif di ibukota. Penyelenggaraan JKF kali ini mewadahi sejumlah acara seperti lomba, seminar, festival, hiburan musik, dan lainnya yang tentu semakin menyemarakkan festival komik tersebut. Acara utamanya sendiri adalah pameran 100 komik terpilih dalam lomba komik JKF dan karya-karya terpilih dari tim panitia.

Pameran komik dan karya kreatif dari berbagai kreator di tanah air pun ditampilkan di dalam acara ini. Pameran ini terbuka untuk umum sehingga siapa pun yang berminat ingin menampilkan karyanya dapat langsung menampilkan karya mereka di sini. Beberapa seminar di bidang komik dan animasi diadakan setiap harinya selama acara berlangsung dengan berbagai narasumber yang menggeluti bidang-bidang tersebut. Adapun di antara mereka adalah orang-orang yang tidak asing bagi penggemar komik, sebut saja Sweta Kartika (Kreator Grey & Jingga, Nusantaranger, dan Founder CAKRA), Faza Meonk (Kreator Si Juki dan Founder PIONICON), Beng Rahardian (Founder Akademi Samali), Bambi atau Mas Be (Founder Forum Animasi Indonesia), Yudhatama (Founder Manimonkhi), dan studio animasi MD Animation. Selain acara-acara tersebut, ada pula bazar kreatif dan hiburan yang akan semakin memeriahkan suasana. Bazar ini diisi oleh sejumlah komunitas kreatif dalam negeri dan pelaku pasar industri kreatif tanah air.

Akhirnya, melalu acara ini kreativitas komik dalam negeri dapat bangkit dari tidur nyenyaknya, potensi-potensi muda yang kreatif dan inovatif dapat tersaring dalam rangkaian acara ini. Semoga acara ini dapat terus berlangsung guna mengembangkan bakat dan minat para komikus muda di tanah air.

#anekaliputan #liputankomunitas #liputankampussekolah

ARTIKEL TERKAIT

PARTNERS

TENTANG SEPUTAREVENT.COM

 

SeputarEvent adalah media publikasi online yang dikelola oleh PT. Gama Linggatama mengenai semua hal yang berkaitan dengan event : informasi, tips, review, interview tokoh, komunitas, lowongan kerja dan berita-berita event lainnya.

 

Pemimpin Perusahaan: R. Haryoko | Penanggung Jawab: Lilik Setyorini | Redaktur Pelaksana: Yudika Nababan | Media Sosial:  Muh. Heri Suyono, Eunike Dorothea | Keuangan: Siti Masamah | Alamat: The Archade Permata Hijau, Jl Raya Pos Pengumben No 1 B, Jakarta, Indonesia | Kontak: email: redaksi@seputarevent.com WA: 0882-8972-6272 | © 2014-2020

  • White Twitter Icon
  • White Instagram Icon
  • White Facebook Icon
  • White YouTube Icon