1st Indonesia Diecast Expo 2014

16 Nov 2014

Artikel: Akbar Kiemas Alfareza | Foto: Yudika Nababan

Untuk kali pertama, Indonesia menyelenggarakan 1st Indonesia Diecast Expo 2014, berupa sebuah pameran diecast yang melibatkan exhibitor yang tersebar tak hanya di Pulau Jawa, namun juga luar negeri. Sebut saja Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Australia, dan beberapa negara lainnya yang turut berpartisipasi dalam event ini. Pameran ini diselenggarakan selama dua hari, yakni pada 15 dan 16 November 2014, di Gedung Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta Selatan.

Menurut panitia penyelenggara saat diwawancarai tim seputarevent.com menegaskan, pameran yang mendapat dukungan lebih dari 60 komunitas penggemar mainan di Indonesia ini akan menjadi blueprint untuk kegiatan sejenis dengan skala internasional.

1st Indonesia Diecast Expo 2014 bukan sekadar ajang berkumpulnya para penggemar diecast ataupun pamer koleksi yang harganya bagi sebagian orang mungkin tergolong tidak masuk akal. Lebih dari itu, kegiatan ini rencananya akan menjadi hajatan rutin tiap tahun yang juga diproyeksikan sebagai barometer pertumbuhan diecast di Indonesia beserta segenap aspek yang menyertainya.

Diecast adalah mainan atau model yang diproduksi menggunakan metode die casting, yang berarti melalui proses melelehkan logam kemudian dituang untuk dicetak sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Diecast metal terbuat dari metal (logam) dan plastik. Metal yang digunakan biasanya adalah zamak (mazak) yang merupakan perpaduan dari alloy (campuran) zinc (seng) dan aluminium. Zamak juga dikenal sebagai white metal atau pot metal. Mainan yang biasa menggunakan metode die casting biasanya adalah mainan model dengan skala semisal mobil, motor, pesawat terbang, peralatan konstruksi ataupun kereta api.

Oleh karena itu, dalam kegiatan ini terdapat beberapa kegiatan pendukung yang berorientasi pada nilai-nilai positif yang terdapat pada die cast, selain sekadar hobi mengumpulkan mainan mahal. Kegiatan yang dimaksud antara lain penyaluran donasi hasil lelang unit diecast kepada yayasan yatim piatu dan panti jompo di Jakarta, Kompetisi Balap Mobil Diecast, Kompetisi Foto Diecast, Kompetisi Kustom Diecast merk Hotwheel dan Mini Cooper, serta Kompetisi Lego untuk anak-anak.

“1st Indonesia Diecast Expo 2014 diharapkan mampu menjadi benih bagi tumbuhnya semangat, kreativitas, dan inovasi para diecaster Indonesia sehingga mendapat tempat di dunia internasional. Bukan tidak mungkin, dengan dukungan dan energi positif dari sekian banyak diecaster di negeri ini, 1st Indonesia Diecast Expo 2014 akan menjelma menjadi ajang internasional yang merupakan agenda wajib para diecaster sejati di dunia," jelas Stanly selaku peserta 1st Indonesia Diecast Expo perwakilan The Miniature History.

Please reload

ARTIKEL TERKAIT
Please reload

PARTNERS

TENTANG SEPUTAREVENT.COM

 

SeputarEvent adalah media publikasi online yang dikelola oleh PT. Gama Linggatama mengenai semua hal yang berkaitan dengan event : informasi, tips, review, interview tokoh, komunitas, lowongan kerja dan berita-berita event lainnya.

 

Pemimpin Perusahaan: R. Haryoko | Penanggung Jawab: Lilik Setyorini | Redaktur Pelaksana: Yudika Nababan | Media Sosial:  Muh. Heri Suyono, Eunike Dorothea | Keuangan: Siti Masamah | Alamat: The Archade Permata Hijau, Jl Raya Pos Pengumben No 1 B, Jakarta, Indonesia | Kontak: email: redaksi@seputarevent.com WA: 0816757352

  • White Twitter Icon
  • White Instagram Icon
  • White Facebook Icon
  • White YouTube Icon