Anthropology Festival 2014: Explore the Nature, Capture the Culture

Artikel & foto: Akbar Keimas Alfareza

Siapa yang tak pernah mendengar tentang keelokan alam Indonesia yang masyhur bahkan hingga ke luar negeri? Bentangan alam yang indah berpadu sempurna dengan kebudayaan nan unik membuat Indonesia kerap kali dilirik oleh wisatawan baik dalam dan luar negeri. Guna semakin mengakrabkan Indonesia sebagai destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan oleh para wisatawan, Himpunan Mahasiswa Antropologi Universitas Indonesia menyelenggarakan Anthropology Festival 2014 yang berusaha mengupas fenomena pariwisata berbalut kerangka antropologis dengan tagline “Explore The Nature, Capture The Culture.” Salah satu kegiatan yang masuk dalam rangkaian acara Anthopology Festival 2014 kali ini adalah seminar bertajuk “Discovering Your Soul through Traveling,” yang diselenggarakan pada 11 November 2014, di Gedung G Fisip Universitas Indonesia. Seminar ini menghadirkan narasumber yang akrab di dunia pariwisata, sebut saja Don Hasman (etno-fotografer juga penerima penghargaan Pelestari dan Pengembangan Warisan Budaya Indonesia tahun 2009), Trinity (penulis novel The Naked Traveler), dan Ahmad Alkatiri (e-Branding activist untuk Indonesia Timur dan social product manager wego.co.id). Melalui seminar ini, panitia serta para pembicara berusaha untuk semakin mengakrabkan Indonesia sebagai destinasi wisata pilihan, khususnya bagi wisatawan lokal. Pemilihan tema ini dilandaskan pada kenyataan yang menyebutkan jika masih banyaknya masyarakat Indonesia yang belum peka akan kekayaan alam bangsa kita. Padahal, saat ini Indonesia sudah menjadi salah satu destinasi wisata yang populer dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Pada kesempatan ini pula, para narasumber mengajak peserta seminar yang hadir untuk bersama-sama menggali keindahan alam Indonesia baik dari segi lanskap maupun aspek-aspek budaya yang masih terpendam. Selain bahasan di atas, pada kesempatan ini narasumber juga memberikan tips dan trick mengenai cara berkeliling dunia dengan dana yang minim. Informasi yang disampaikan tersebut tentunya sangat menarik perhatian para peserta seminar, yang dibuktikan dengan banyaknya peserta yang hadir dari berbagai kalangan, seperti dosen, mahasiswa, pelajar, hingga anak-anak. Diharapkan setelah menghadiri seminar ini, para peserta dapat semakin tumbuh kecintaannya pada alam dan budaya Indonesia serta dapat semakin meningkatkan minatnya untuk berwisata di dalam negeri.

#anekaliputan #liputankampussekolah

ARTIKEL TERKAIT

PARTNERS

TENTANG SEPUTAREVENT.COM

 

SeputarEvent adalah media publikasi online yang dikelola oleh PT. Gama Linggatama mengenai semua hal yang berkaitan dengan event : informasi, tips, review, interview tokoh, komunitas, lowongan kerja dan berita-berita event lainnya.

 

Pemimpin Perusahaan: R. Haryoko | Penanggung Jawab: Lilik Setyorini | Redaktur Pelaksana: Yudika Nababan | Media Sosial:  Muh. Heri Suyono, Eunike Dorothea | Keuangan: Siti Masamah | Alamat: The Archade Permata Hijau, Jl Raya Pos Pengumben No 1 B, Jakarta, Indonesia | Kontak: email: redaksi@seputarevent.com WA: 0882-8972-6272 | © 2014-2020

  • White Twitter Icon
  • White Instagram Icon
  • White Facebook Icon
  • White YouTube Icon