top of page

Lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Qur`an Mahasiswa

KONTAK INFORMASI

Twitter: @GemaUnpad

Fanpage: LKTIA GID 1435 H

Contact Person:

Nanda Najih Habibil Afif: 085604703577

Fikri Abdulah: 085624115290

Wiwit Wijiastuti: 085711934092

A. LATAR BELAKANG

Ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperoleh melalui serangkaian proses pendidikan berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermar­tabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Kreativitas dan aktivitas sangat penting untuk diberdayakan guna mengembangkan potensi diri manjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah S.W.T., berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan bertanggung jawab.

Indonesia merupakan saah satu negara yang memiliki ideologi yang menjunjung tinggi kepercayaan yang dianut oleh agamanya. Tercatat di tahun 2010 lebih dari 87% penduduk Indonesia merupakan pemeluk Islam, agama rahmatan lil`aalamiin segala zaman untuk semua kalangan sosial. Agama yang memiliki tuntunan suci berupa Al-Qur`an sebagai wahyu dari Allah S.W.T. yang diberikan pada Muhammad, Nabi pembawa pelita benderang umat sejagat raya.

Konteks tuntunan Al-Qur`an tidak pernah usang dengan kemajuan zaman yang semakin berkembang secara eksponensial, bahkan tak urung menjadi petunjuk dan pedoman ideal dalam pengembangan teknologi kekinian, perumusan tata norma dalam masyarakat, indikator kebenaran (haq) dan kesalahan (bathil), bahkan menjadi simbol keagungan maha karya dan karsa dari Ilahi di tengah berkembangnya aneka sastra dari manusia. Keindahan bahasa dan kedalaman makna dari Al-Qur`an adalah suatu hal yang perlu digali oleh umat Islam untuk mengembangkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang tidak luput dari nilai-nilai ilahiyyah. Melihat latar belakang tersebut, sudah semestinya setiap generasi muda menjadi sosok islami yang mampu menggunakan wasiat Nabi: Al-Qur`an dan Al-Hadits menjadi salah satu dasar pokok dalam berpikir menuju kemajuan. Dengan demikian, melalui rangkaian GID (Geological Islamic Day) akan dilaksanakan Lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Qur`an tingkat nasional.

B. TEMA DAN SUBTEMA

Tema umum dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Qur`an ini adalah “Menggali Pengetahuan dalam Al-Qur`an Guna Menghadapi Tantangan Perkembangan Zaman di Segala Bidang”.

Adapun 6 subtema yang dapat diambil meliputi:

  • Al-Qur’an dan kaitannya dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

  • Al-Qur’an dan kaitannya sebagai solusi masalah korupsi, ekonomi, dan enterpreneurship.

  • Al-Qur’an dan kaitannya dengan eksistensi seni, sastra, dan karya cipta manusia.

  • Al-Qur’an dan kaitannya dalam mewujudkan sistem dan metode pendidikan yang ideal.

  • Al-Qur’an dan kaitannya dalam penggalian nilai-nilai sejarah manusia yang terlupakan.

  • Al-Qur’an dan kaitannya dalam pemecahan masalah akhlaq, adab, serta nilai dan norma sosial.

120 views0 comments
bottom of page