Memanfaatkan Media Sosial Untuk Kesuksesan Event Anda


Banyaknya pengunjung di suatu event menjadi ukuran kesuksesan. Untuk itu strategi promosi harus diperhitungkan dengan matang. Beberapa cara dapat ditempuh dalam mempromosikan event: iklan billboard, iklan di TV, iklan di radio dan lain-lain. Media promosi lain yang tidak boleh diabaikan adalah media sosial dengan cakupan yang sangat luas dan merata di segala kalangan. Twitter dan Facebook dapat menjadi media promosi yang efektif. Berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk mempromosikan event lewat media sosial:

Hashtag Twitter

Kreasikan hashtag (#) twitter yang unik, sederhana dan relevan untuk event anda. Gunakanlah terus hashtag tersebut saat membahas event baik dengan akun twitter event maupun akun pribadi anda. Dengan begitu akan semakin banyak pengguna twitter yang tahu event anda. Imbasnya, hashtag tersebut akan semakin sering digunakan dan info event anda akan semakin tersebarluas.

Agar penggunaan hashtag lebih maksimal gunakan beberapa bulan sebelum event dilaksanakan. Dengan durasi yang lebih lama cakupan hashtag event anda akan jauh lebih luas. Selain itu, anda juga dapat menggunakan hashtag ketika mengadakan kuis mengenai event anda di twitter, ajaklah semua peserta kuis menggunakan hashtag ini.

Membagikan Informasi yang Relevan

Selain men-tweet segala hal tentang event, menarik lebih banyak pengikut (follower) untuk twitter dan likes untuk facebook juga menjadi agenda penting yang harus dilakukan. Dengan membagikan informasi lain yang melulu mengenai event anda tetapi masih relevan dan menarik akan meningkatkan kemungkinan akun anda diikuti dan tweet atau status anda dibagikan orang lain. Dengan begitu semakin banyak pula pengguna media sosial yang akan tahu event anda.

Sisipkan Akun Pendukung Acara

Akun bintang tamu, MC maupun pembicara biasanya diikuti cukup banyak fans, manfaatkanlah dengan menyisipkan akun (mention) mereka ketika membagikan informasi mengenai event anda. Biasanya para pendukung acara akan membagikan kembali informasi tersebut dan dilihat oleh para pengikut atau fans mereka.

Bermitra Dengan Media Online

Akun media online biasanya sudah memiliki puluhan ribu pengikut. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk memperluas cakupan promosi event anda dengan menjalin kemitraan atau yang sering disebut dengan media partnership. Dengan kesepakatan yang saling menguntungkan, anda dapat meminta akun media online tersebut untuk mempromosikan event anda.

Dengan cakupan yang luas dan akses informasi yang mudah, sosial media adalah sarana promosi yang efektif dan tepat sasaran. Oleh karena itu, anda wajib memanfaatkan sarana ini dan menyiapkan promosi event di media sosial dengan matang dan kreatif.

Seputarevent sebagai Media Partner

Anda juga dapat bermitra dengan seputarevent.com untuk mempromosikan event. Kami menawarkan paket promosi yang menarik untuk segala jenis event. Dengan akun facebook dan twitter yang sudah diikuti puluhan ribu orang, dilengkapi website dengan kelengkapan informasi mengenai event, sepeutarevent siap membantu anda.

#artikel