top of page

CRECOF, Ajang Komunitas Berbagi Inspirasi di Universitas Dr. Moestopo

Artikel dan foto: Eko Rahmanto

Crecof-Universitas-Moestopo (3).jpg

Ada banyak jumlah komunitas di Jakarta yang memiliki kegiatan yang positif, seperti bermusik, menciptakan karya seni, apresiasi budaya, aktifitas olahraga dan lain-lain. Melihat begitu banyaknya inspirasi yang bisa didapatkan dari komunitas-komunitas di Jakarta, Lembaga Pers Mahasiswa Universitas Dr. Moestopo, Media Publica menggelar event kumpul komunitas bernama Creative Communication Festival (Crecof). Acara ini dilangsungkan di Kampus Universitas Dr. Moestopo tanggal 9 dan 10 Oktober 2014 lalu.

Ada 10 komunitas yang hadir dalam event ini antara lain Serrum Community, Coin a Chance, Sobat Budaya, Parkour Jakarta, Jurnal Perempuan, Light Givers, Komunitas Seni Bulungan, Komunitas Penyanyi Jalanan, 360 Community dan Komunitas Jazz Kemayoran. Komunitas-komunitas ini dipilih dari 45 komunitas yang ada di Jakarta dengan kriteria kreatif, inspiratif dan sosial. Sesuai dengan tema "berbagi dan menginspirasi", sambil memamerkan karya, mereka juga berbagi ilmu dan tips-tips tentang keahlian mereka di komunitas masing-masing. Tak hanya dengan pameran, ada juga workshop dari Komunitas Jazz Kemayoran dan 360 Community. Melalui kegiatan kegiatan ini diharapkan semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk mencoba hal-hal positif seperti yang 10 komunitas ini lakukan.

Diwawancarai di sela-sela acara, Ketua Pelaksana Crecof Putri Yanuarti menjelaskan bahwa event ini bertujuan untuk memperlihatkan keragaman komunitas di Jakarta. Selain itu dia berharap masyarakat dapat termotivasi untuk melakukan hal-hal yang positif.

"Mereka punya kegiatan yang baik, yang positif. Mudah-mudahan bisa menginspirasi para pengunjung", jelasnya.

Putri juga menyampaikan bahwa event ini fokus pada kreativitas komunitas. Nama Creative Communication Festival dipilih karena komunitas-komunitas ini berkomunikasi dengan masyarakat melalui karya kreatifnya.

CRECOF juga memberikan apresiasi untuk komunitas. Hal ini diwujudkan dengan terbukanya ruang untuk memamerkan karya dan memberikan penghargaan untuk komunitas paling inspiratif. Dengan sistem voting di twitter kemudian terpilihlah Serrum Community sebagai komunitas paling inspiratif.

Crecof-Universitas-Moestopo (1).jpg
Crecof-Universitas-Moestopo (2).jpg

33 views0 comments
bottom of page