top of page

Media Partnership: Kunci Keberhasilan Event Anda


Media partnership adalah kerjasama yang terjalin antara penyelenggara event dengan media baik TV, radio, online, maupun cetak. Selayaknya sebuah kerjasama, hubungan ini harus saling menguntungkan. Untuk anda penyelenggara event, bekerja sama dengan media dapat meningkatkan kredibilitas event anda dimata publik. Dengan begitu event anda akan dilihat berkualitas dan layak dikunjungi.

Pilih Media yang Tepat

Anda harus memilih media dengan penuh pertimbangan. Event skala nasional akan lebih pas jika bekerja sama dengan media yang cakupannya nasional pula, dan sebaliknya. Selain itu, karakteristik dari event anda juga harus diperhitungkan. Jika event anda banyak menonjolkan elemen visual, media visual seperti TV dan youtube dapat lebih maksimal mengekspos acara anda. Dengan pemilihan media partner yang tepat, dipastikan acara anda akan terpublikasi dengan baik dan ramai dikunjungi.

Pengajuan Proposal

Dengan banyaknya proposal yang masuk, proses dari diterima hingga akhirnya direspon bisa sampai berhari-hari. Untuk itu anda sebaiknya mengirimkan proposal jauh sebelum hari H. Selain mengantisipasi respon yang lama juga memperlihatkan bahwa event anda terencana dengan matang. Tidak cukup sampai disitu, konten proposal juga harus baik. Pastikan isi proposal singkat dan jelas. Hal ini akan memudahkan pembaca untuk memahami isi proposal dengan cepat.

Selain konten, penawaran dan permintaan juga harus diperhatikan. Anda dapat menawarkan konten eksklusif berupa foto atau video, Wawancara eksklusif, dan area promosi media kepada media. Selain itu anda juga dapat menawarkan pemasangan logo media di semua materi promosi event anda. Sedangkan anda dapat meminta benefit berupa artikel acara anda, program TV/radio yang mengulas acara anda dan penempatan materi promo anda di laman web media.

Tawaran dan permintaan haruslah senilai. Senilai disini tentu saja tidak selalu tentang kuantitas. Beberapa media memiliki nama besar yang harus "dibayar mahal". Semakin tinggi popularitas suatu media, semakin tinggi pula peawarannya.

Buat Memorandum of Understanding

Jika kata "sepakat" sudah tercapai, segerakan membuat surat perjanjian kerjasama (Memorandum of Understandin / MoU). Di dalam MoU anda harus menyertakan poin-poin kesepakatan dengan jelas dan detil. Misalnya, untuk promosi cetak, tuliskan secara rinci ukuran dan juga jumlahnya sedangkan untuk iklan radio, tulis skripnya beserta durasi dan jadwal tayangnya. Hal ini diperlukan agar tidak ada kesalahpahaman.

Bekerja sama dengan media dapat menjadi faktor penentu keberhasilan suatu event. Pamor event anda dan jumlah pengunjung sangat bergantung kepada media. Maka dari itu, proses pengajuan kerja sama dengan media harus dilakukan dengan serius.

seputarevent Sebagai Media Partner Anda

Seputarevent.com menawarkan paket lengkap dalam hal media partnership. Untuk segala jenis event, seputarevent siap menjadi media partner dalam membantu promosi dan liputan acara anda melalui jaringan media sosial yang kami miliki, reportase dan fotografi yang berkelas dan bercerita (storytelling). Untuk informasi lebih lanjut, klik disini.

30,211 views0 comments
bottom of page