top of page

Tips Membuat Siaran Pers (Press Release)


Dalam menyelenggarakan event, publikasi menjadi hal yang sangat penting. Dengan publikasi, event yang kita buat akan menjadi lebih dikenal. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan. Selain dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap Event Organizer-nya, publikasi juga dapat membuka jalan untuk kerjasama baru, mendongkrak jumlah pengunjung event dan menambah jumah sponsor.

Mengingat pentingnya publikasi, pembuatan siaran pers (press release) menjadi elemen yang tak kalah penting dalam proses penyelenggaraan event. Apa sih siaran pers? Siaran pers adalah sebuah artikel informatif yang dikirimkan kepada media tertentu untuk dipublikasikan. Untuk event, siaran persnya tentu saja menceritakan event tersebut beserta hal-hal menarik didalamnya yang layak untuk diketahui masyarakat luas.

Berikut kami sajikan tips membuat siaran pers yang diadaptasi dari blog jurnalis kawakan L. R. Baskoro.

Isi Siaran Pers

Siaran pers yang baik harus jelas dan menarik. Pastikan informasi yang diberikan menyertakan sumber, angka pasti, dan susunan kalimat yang efektif. Selain itu, kemas sudut pandang berita menjadi lebih menarik. Rumuskan isi berita dengan cermat. Selain itu sertakan hasil wawancara untuk memperkuat isi berita. Jangan lupa untuk memeriksa kembali siaran pers yang anda buat, agar tidak ada kesalahan penulisan.

Format Siaran Pers

Siaran pers sebaiknya dibuat dengan format pemberitaan piramida terbalik. Sistem ini dibuat dengan dengan gradasi berita dari yang paling penting, hingga ke detail-detail tambahan. Tidak disarankan untuk membuat siaran pers lebih dari 1 halaman.

Menyampaikan Siaran Pers

Siaran pers bisa disampaikan dengan mengirimkan langsung ke media yang dituju (fax atau email), menggelar pertemuan (jumpa pers) atau gabungan keduanya.

Semoga bermanfaat :-)

108 views0 comments
bottom of page