Pangdam Jaya Siap Amankan Jakarta Fair Kemayoran 2014

Media Center PT Jakarta International Expo | Sumber foto: SilangMonas.com

Aparat TNI Angkatan Darat yang tergabung dalam beberapa regu dan kesatuan batalyon melakukan apel siaga pengamanan wilayah DKI Jakarta menjelang diselenggarakannya dua agenda pesta rakyat yaitu Pemilihan Umum Presiden dan Jakarta Fair Kemayoran. Kegiatan apel ini digelar Kamis (5/6), di area parkir barat JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat. Apel siaga dipimpin langsung oleh Pangdam Jaya,

Mayjen TNI Mulyono, dan melibatkan puluhan panser serta kendaraan berat pengangkut personel.

Dalam kegiatan apel ini diikuti oleh lebih dari 3.000 personel yang terdiri dari aparat TNI Kodam Jaya serta dihadiri juga oleh Kasdam Jaya Brigjen TNI Teddy Laksamana, Pimpinan Danrem, Para Asisten Kodam Jaya, Para Kabalag Kodam Jaya, Para Komandan Kodim, Para Komandan Batalyon, serta Para Komandan Datasemen. Dalam acara tersebut digelar juga pertunjukkan aksi pasukan TNI bermotor dan pasukan Batalyon beregu dalam mengatasi apabila terjadi kericuhan dalam Pemilu Presiden dan event Jakarta Fair Kemayoran 2014.

Pengamanan Pemilu Presiden dan Jakarta Fair Kemayoran tahun ini akan melibatkan sedikitnya 3.500 personel aparat keamanan gabungan yang terdiri dari aparat TNI Kodam Jaya, aparat kepolisian dari Polda Metro Jaya dan Polres Jakarta Pusat, aparat Satpol PP dari Pemprov DKI Jakarta, serta personel keamanan dari PT Jakarta International Expo itu sendiri.

Dalam sambutannya setelah memimpin kegiatan apel siaga menjelang pemilihan umum Presiden dan Jakarta Fair Kemayoran 2014, Pangdam Jaya, Mayjen TNI Mulyono mengatakan bahwa apel siaga ini dilakukan sebagai langkah persiapan pengamanan wilayah DKI Jakarta serta mencegah terjadinya kekacauan dan kericuhan dalam dua agenda tersebut.

‘Apel siap siaga ini merupakan kesiapan TNI dalam menghadapi perkembangan dinamika ibukota terkait dengan pengamanan dan kami siap membantu kinerja Polda Metro Jaya,’ tutur Mayjen TNI Mulyono. ‘Untuk Jakarta Fair Kemayoran, kami siap membantu dalam sisi pengamanan. Saya akan mendukung secara penuh kegiatan event Jakarta Fair ini,’ tambahnya.

Sementara itu, Mayjen TNI Mulyono juga mengungkapkan bahwa dirinya belum pernah mendengar kabar terjadinya kekacauan besar dalam penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran. ‘Evaluasi dan laporan itu ada tiap tahunnya, tapi sampai saat ini saya belum pernah mendengar kegiatan ini ada masalah soal keamanan,’ paparnya.

Seperti diketahui kegiatan Jakarta Fair Kemayoran 2014 akan digelar di Arena JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat mulai 6 Juni hingga 6 Juli 2014, dengan diikuti oleh lebih 2.500 perusahaan. Selain diisi pameran berbaga produk dengan harga promosi, Jakarta Fair Kemayoran juga dimeriahkan oleh konser musik 31 hari nonstop menghadirkan penyanyi dan band papan atas Indonesia. Event pameran terbesar, terlama dan terlengkap ini juga dimeriahkan oleh berbagai atraksi kesenian dan budaya daerah yang akan ditampilkan di panggung budaya Gambir.

#anekaliputan